Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Tips Menghias Kantor Berkonsep SOHO

Kantor berkonsep small office home office (SOHO) kini makin digemari dengan pergeseran gaya hidup yang menjadi lebih mobile. Untuk kantor berkonsep SOHO, furnitur yang digunakan harus multifungsi.
Ilustrasi/twitter-the88avenue
Ilustrasi/twitter-the88avenue

Bisnis.com, JAKARTA – Kantor berkonsep small office home office (SOHO) kini makin digemari dengan pergeseran gaya hidup yang menjadi lebih mobile. Untuk kantor berkonsep SOHO, furnitur yang digunakan harus multifungsi.

Creative Director Urban Quarter Adelaide Chintara mengatakan, untuk mengisi ruang kantor pribadi seperti SOHO disarankan menggunakan meja yang berukuran tidak terlalu besar dan kaku, sehingga selain bisa menjadi meja kerja, bisa juga dijadikan meja yang lain.

“Untuk kantor pribadi terutama yang di rumah bisa memilih meja yang lebih multifungsi, bisa sekalian untuk meja rias, meja console. Kalau di rumah juga tidak perlu pakai kursi kantor yang beroda, jadi kursi kayu kecil saja masih cocok untuk SOHO,” ujarnya usai acara Urban Quarter’s Media Gathering di Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Selanjutnya, Pakar Feng Shui Jenie Kumala Dewi mengatakan, untuk SOHO pemilihan lokasi dan disesuaikan dengan jenis usaha yang tepat juga penting.

“Untuk kantor konsultan misalnya boleh pakai SOHO, untuk kantor periklanan juga masih masuk, misalnya yang butuh orang banyak juga masih oke,” katanya.

Namun, Jenie melanjutkan, untuk kantor dengan struktur organisasi, ada pimpinan dan bawahan, disarankan agar menggunakan ruang kantor yang formal. Menurut dia, ruang dan meja kerja pimpinan baiknya terpisah dengan bawahan agar aura pimpinan lebih terpancar.

“Seandainya SOHO untuk kerja sendiri mejanya mau kecil nggak apa-apa, tapi kalau punya pimpinan, mejanya harus besar dong, ukurannya harus lebih besar dari meja anak buahnya. Sering kan, di SOHO pimpinan malah nggak punya meja kerja, malah pakai meja meeting,” tambahnya.

Kemudian, untuk penggunaan warna di SOHO, terutama untuk industri kreatif, Jenie mengatakan untuk mencoba membaurkan ruangan dengan cat dinding atau furnitur yang berwarna hijau dan warna-warna logam, seperti warna bronze, emas, perak, putih, dan cokelat. Warna-warna ini, kata Jenie, bisa memacu krativitas pengguna ruangan.

Selanjutnya, bisa juga menggunakan perabotan bahan kayu untuk mengisi ruangan sehingga ruangan terasa lebih nyaman dan hangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper