Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

100.000 Rumah Nikmati Sambungan Listrik Gratis, Abonemen Bulanan Rp30.000

Pemerintah memberikan penyambungan listrik secara gratis dengan daya 450 watt bagi masyarakat kurang mampu.
Petugas PLN memindahkan jaringan listrik rumah tangga di Desa Karangasem, Demak, Jawa Tengah, Senin (28/8). /Antara
Petugas PLN memindahkan jaringan listrik rumah tangga di Desa Karangasem, Demak, Jawa Tengah, Senin (28/8). /Antara

Bisnis.com, GARUT—Pemerintah memberikan penyambungan listrik secara gratis dengan daya 450 watt bagi masyarakat kurang mampu.

Direktur Utama PT PLN (persero) Sofyan Basir mengatakan biaya penyambungan dan pemasangan instalasi listrik selama ini menjadi kendala bagi rumah tangga.

Dengan demikian, lanjut dia, masyarakat  yang tidak mampu ini lazimnya untuk memperoleh sambungan listrik dari PLN dengan menyambung dari rumah tetangga untuk mendapatkan listrik.

"Mereka terpaksa menyambung dari tetangga, bayar 40 sampai 50 ribu untuk lampu tiap bulan atau menggunakan penerangan lain seperti lampu teplok,"katanya Jumat (18/1/2019). 

Melalui listrik PLN langsung, maka mereka dapat melakukan banyak penghematan untuk pengeluaran perbulannya drngan membayar biaya pasang baru listriknya. 

Penyambungan listrik secara gratis dengan daya 450 VA tersebut dihitung cukup untuk menggunakan TV, penanak nasi, dan menyalakan lampu. 

Dalam pelaksanaan program ini, untuk biaya, PLN dan Asosiasi Instalatir memberikan keringanan Biaya Penyambungan dan Pemasangan Instalasi sebesar 50%, sehingga biaya yang perlu dibayar oleh sejumlah BUMN yang membantu pendanaan hanya sebesar Rp500.000

"Sekarang mereka bayar sekitar 30 ribu per bulan listrik PLN. Untuk lampu, televisi dan penanak nasi serta alat elektronik lainya,” tegas Sofyan.

Adapun, Presiden RI Joko Widodo juga ikut membagikan sertifikat sambungan listrik gratis kepada 30.937 rumah tangga miskin dan rentan miskin di Garut, Jawa Barat.

Program ini hingga akhir 2018 telah berhasil menyelesaikan 100.970 Sambungan listrik gratis untuk warga Jawa Barat.

Jokowi menyebutkan sambungan listrik gratis ini disponsori oleh 34 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menyasar 235.756 rumah tangga miskin dan rentan miskin yang ada di Jawa Barat sesuai data TNP2K.

Program ini berhasil memberikan penyambungan listrik gratis bagi 100.970 KK hingga Desember 2018.

“Sampai dengan akhir 2018 sudah tersambung dengan baik sebanyak 100.970 KK, dan hingga saat ini proses penyambungan listrik gratis masih terus dilakukan" Ungkap Jokowi.

Untuk tahap awal, penyambungan listrik gratis ini dilakukan di 8 Kabupaten/Kota dengan sasaran sebanyak 130.248 kepala keluarga (KK) yang tersebar di Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper