Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo III Peringati Bulan K3, Libatkan Milenial

BUMN operator terminal Pelindo III akan menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati bulan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) 2019 dengan melibatkan milenial.
Terminal Peti Kemas Semarang/Pelindo III
Terminal Peti Kemas Semarang/Pelindo III
Bisnis.com, JAKARTA -- BUMN operator terminal Pelindo III akan menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati bulan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) 2019 dengan melibatkan milenial.
 
Bulan K3 dicanangkan oleh pemerintah dan peringatannya rutin diadakan setiap tahun di bawah koordinasi Kementerian Ketenagakerjaan mulai 12 Januari-12 Februari di seluruh pelosok Indonesia. 
 
Pada peringatan Bulan K3 Tahun 2019 ini berbagai kegiatan yang diselenggarakan akan banyak melibatkan milenial, baik dari pegawai-pegawai muda di Pelindo III Group dan institusi maritim lainnya, juga para mahasiswa. 
"Tujuannya agar peningkatan semangat dan pemahaman budaya K3 juga semakin terasa di kalangan milenial yang akan menjadi generasi penerus bangsa,” ujar Sekretaris Perusahaan Pelindo III Faruq Hidayat dalam siaran pers, Jumat (11/1/2019).
 
Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, akan diselenggarakan aksi donor darah pada 15 Januari 2019 di Gedung PPSA Kantor Pelindo III Regional Jatim.
Aksi sosial tersebut akan diikuti oleh pegawai Pelindo III Group, pengguna jasa, dan pemangku kepentingan maritim lainnya.
Pelindo III menargetkan setidaknya 120 kantong darah untuk Palang Merah Indonesia.
 
“Yang menarik, pelaksanaan aksi donor darah akan dikemas dalam nuansa muda dengan tajuk ‘Milenial Peduli Sesama’, salah satunya hiburan live music yang dimainkan oleh para pegawai muda. Selain itu paket hadiah yang diberikan untuk para pendonor tidak hanya berisi makanan, tetapi juga tumbler (tempat minum) sebagai bentuk kampanye gaya hidup diet plastik yang lebih ramah lingkungan,” kata Faruq Hidayat lagi. 
 
Dia melanjutkan, guna menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan pengetahuan akan pentingnya K3 bagi calon lulusan perguruan tinggi sebelum berkarir di dunia industri, Pelindo III juga menyelenggarakan Lomba Poster Infografis dan Video K3 terbuka bagi para mahasiswa. 
Tema yang dilombakan adalah 'Upaya Penerapan Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam Aktivitas Sehari-hari'. 
 
Pelindo III juga akan menyelenggarakan Seminar K3 Nasional. Informasi lebih lanjut terkait lomba dan seminar tersebut akan diumumkan pada akun instagram @pelindo3.
 
VP Corcom Pelindo III R. Suryo Khasabu menambahkan, meskipun bagi Pelindo III penerapan prinsip K3 sudah dijalankan sebagai standard kerja di operasional pelabuhan, momentum Bulan K3 juga dimanfaatkan oleh Pelindo III untuk menggaungkan semangat Budaya K3 agar lebih masif lagi. 
 
Peringatan itu akan disemarakkan dengan pemasangan imbauan dan motivasi K3 melalui spanduk, umbul-umbul, dan poster; simulasi keadaan darurat; apel Bulan K3, penyuluhan dan sosialisasi K3 pada tenaga kerja bongkar muat; serta kompetisi foto dan video untuk pegawai Pelindo III Group tentang penerapan budaya K3 di lingkungan kerjanya.

“Apabila budaya K3 dapat diterapkan dengan baik di setiap perusahaan, maka dengan sendirinya kejadian kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dapat ditekan, bahkan bisa dihilangkan. Dengan demikian, biaya dan kerugian dapat dihindarkan. Pada akhirnya tercipta suasana kerja yang nyaman, aman, dan sehat. Dampaknya, produktivitas kerja perusahaan akan meningkat,” ujar Suryo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper