Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tanpa Utang Mustahil Negara Bisa Jalankan Pembangunan

Wakil Ketua Harian Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Maruf Amin, Rosan P. Roeslani, menegaskan bahwa tanpa utang mustahil negara bisa menjalankan program pembangunan serta hal ini merupakan hal lazim dilaksanakan di semua negara.
Anggota TKN Rosan P Roeslani dan Bahlil Lahadalia tengah memberikan penjelasan di tengah-tengah komunitas pendukung Joko Widodo - Maruf Amin/Antara
Anggota TKN Rosan P Roeslani dan Bahlil Lahadalia tengah memberikan penjelasan di tengah-tengah komunitas pendukung Joko Widodo - Maruf Amin/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua Harian Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Maruf Amin, Rosan P. Roeslani, menegaskan bahwa tanpa utang mustahil negara bisa menjalankan program pembangunan  serta hal ini merupakan hal lazim dilaksanakan di semua negara.

"Hampir semua negara di dunia memiliki utang luar negeri untuk menjalankan program pembangunan termasuk negara maju seperti Amerika Serikat," kata Rosan di Jakarta, Kamis, menanggapi munculnya wacana infrastruktur dapat dibangun tanpa utang.

Berbicara dihadapan forum Ini Ker1aKu  komunitas  pendukung Capres dan Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin, Rosan mengatakan, utang untuk membiayai pembangunan masih dibutuhkan sepanjang mematuhi batasan-batasan yang sudah ditetapkan peraturan dan perundangan.

Seperti disebut utang pemerintah mencapai Rp5.000 triliun sebenarnya merupakan hal yang wajar karena angka itu masih 30% dari PDB atau masih dalam batas aman karena peraturan  membolehkan sampai 60%.

"Yang penting utang itu diperuntukan bagi hal-hal yang produktif serta ada pengendalian. Bahkan dengan tingginya capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat dipastikan pembayaran utang sebesar itu akan selalu tertangani dengan baik," ujarnya.

Rosan menunjuk soal pembangunan infrasruktur yang penanganannya   diserahkan kepada badan usaha  baik BUMN maupun swasta, namun untuk daerah-daerah tertentu yang hitungan bisnisnya tidak masuk maka pembangunan jalan menjadi tanggungjawab pemerintah sepenuhnya.

"Semua pembangunan infrastruktur dipastikan memanfaatkan utang karena merupakan investasi jangka panjang sehingga badan usaha yang menjalankan diberikan konsesi 25-30 tahun dengan opsi perperpanjangan," ujar Rosan.

Anggota TKN lainnya, Bahlil Lahadalia yang juga hadir dikomunitas ini menilai pemanfaatan utang pemerintah untuk infrastruktur dinilai sangatlah tepat mengingat Indonesia sudah sangat tertinggal dalam hal pembangunan infrastruktur dibandingkan negara-negara tetangga.

Bahlil, pengusaha asal Papua ini mengatakan, Presiden Joko Widodo sangat perhatian dengan wilayah Timur Indonesia seperti Papua sudah  direalisasikan 10 ruas jalan sehingga membuka daerah-daerah terpencil di Papua.

"Kalau disebut langkah itu sebagai pencitraan juga tidak tepat dengan penduduk yang berjumlah tiga juta sebenarnya elektabilitas di Papua rendah. Presiden memang sudah bertekad untuk membangun Papua agar setara dengan daerah lain di Indonesia," ujar Bahlil. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper