Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi: Kunci Sukses Adalah Kedisiplinan

Presiden Joko Widodo menyatakan kunci kesuksesan wirausaha adalah kedisiplinan yang mencakup disiplin waktu, kualitas, hingga mengangsur.
Presiden Jokowi/Bisnis
Presiden Jokowi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo menyatakan kunci kesuksesan wirausaha adalah kedisiplinan yang mencakup disiplin waktu, kualitas, hingga mengangsur.

Hal tersebut diungkapkan Presiden Jokowi saat menemui sekitar 500 orang yang tergabung dalam Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) PT Permodalan Madani (Persero) Mekaar di Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (10/1/2019).

"Setelah mendapatkan program Mekaar ini ya berkembang misalnya yang dulunya hanya jualan nasi uduk sekarang tambah jualan cilok. Yang dulu jualan cilok, tambah lagi jualan, buka warung lebih gede," katanya.

Dia menambahkan, inti dari Program Mekaar ini adalah pendampingan bagi mitra binaannya. Dengan adanya pembinaan melalui pola per kelompok, Jokowi menekankan program semacam ini mendidik masyarakat untuk lebih disiplin.

"Rasa kelompok yang ditumbuhkan semua menjadi disiplin menjadi mencicil setiap minggu. Ya disiplin waktu, disiplin mengangsur, disiplin kualitas," tukasnya.

Jokowi menambahkan, para mitra binaan pun diharapkan dapat segera naik kelas dari skala super mikro, mikro, menengah, hingga ke skala besar.

"Ini program jangka panjang. Super mikro nanti bisa masuk KUR [Kredit Usaha Rakyat] mikro. KUR mikro lulus, masuk lagi ke KUR kecil Rp25 juta- Rp50 juta. Tapi ini memang memerlukan waktu, tahapan-tahapan," tambahnya.

Mekaar sendiri merupakan program unggulan PNM yang diyakini menjadi upaya efektif meningkatkan inklusi keuangan. Adapun sepanjang tahun lalu, PNM berhasil mencapai target 4 juta nasabah Mekaar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper