Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bintaro jadi Favorit Pencari Rumah

Wilayah yang masih berpotensi berkembang dan fasilitas yang memadai akses kepada infrastruktur masih menjadi incaran para pencari rumah.

Bisnis.com, JAKARTA - Wilayah yang masih berpotensi berkembang dan fasilitas yang memadai  akses kepada infrastruktur masih menjadi incaran para pencari rumah. Bintaro menjadi favorit dan paling dicari calon pembeli rumah.

Managing Director Lamudi Indonesia Mart Polman mengatakan banyak pencari rumah yang mempertimbangkan daerah yang dinilai masih berkembang dan menyediakan banyak fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, pusat pendidikan, hingga rumah sakit, salah satunya Bintaro.

"Selain itu, daerah yang dicari juga yang dikelilingi dengan sarana infrastruktur sehingga bisa mempermudah mobilitas warganya seperti tol JORR W2,” papar Mart, dikutip melalui keterangan resmi, Selasa (8/1/2019).

Berdasarkan data historis pencarian dari Google, area Bintaro, Jakarta Selatan, menjadi tempat favorit yang paling banyak dicari calon pembeli rumah.

Menurut Mart, mayoritas pembeli rumah di Bintaro didominasi oleh end user dari kalangan profesional muda, biasanya mereka adalah pasangan muda yang baru menikah dan membeli rumah dengan cara kredit.

Rata-rata setiap bulan ada sekitar 7.200 orang yang berencana untuk membeli rumah di Bintaro. Harga rata-rata rumah di sana mencapai Rp18 juta per m2.

Di urutan kedua adalah wilayah Cibubur, Jakarta Timur, rata-rata setiap bulan ada 4.200 orang yang berminat membeli rumah di Cibubur, sementara harga rumah di kawasan tersebut mulai dari Rp12 juta per m2.

Kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, berada di urutan ke tiga. Setiap bulan ada sekitar 4.100 orang yang mencari informasi tentang rumah dijual di kawasan tersebut. Untuk harga rumah, rata-rata harga yang dijual sekitar Rp11 juta per m2.

Kemudian di urutan ke empat ada Kelapa Gading, Jakarta Utara, setiap bulan ada kira-kira 3.600 orang yang mencari tahu informasi rumah di jual di Kelapa Gading. Harga jual rumah di kawasan ini mencapai Rp21 juta per m2.

Di urutan ke lima ada Sunter, Jakarta Utara. Jumlah pencari rumah di Sunter mencapai 3.350 orang, harga jual rumahnya sendiri rata-rata mencapai Rp17 juta per m2.

Sementara, berdasarkan survey Rumah.com Property Market Outlook 2019 terhadap 1.000 responden, sebanyak 69% responden menyertakan kedekatakan huniannya dengan sarana transportasi umum, seperti halte dan stasiun, menjadi pertimbangan utama dalam menentukan hunian yang ideal.

Sebanyak 61% responden menyatakan ketersediaan sarana transportasi umum di sekitar rumah sebagai hal yang sangat penting dalam menentukan pilihan hunian.

Selain itu, sebanyak 51% menganggap jarak 500 meter hingga 1 kilometer dari sarana transportasi umum sebagai jarak ideal dari hunian yang paling banyak dicari oleh konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper