Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo III Siapkan Terminal LNG di Tanjung Perak

PT Pelindo III (Persero) akan menyediakan fasilitas terminal LNG bagi PGN LNG (Pertamina Group) di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya guna mendukung pasokan LNG di area Jawa Timur.
Aktivitas bongkar muat di dermaga Terminal Peti Kemas Surabaya (TPS), Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (23/10/2018)./ANTARA-Zabur Karuru
Aktivitas bongkar muat di dermaga Terminal Peti Kemas Surabaya (TPS), Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (23/10/2018)./ANTARA-Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelindo III (Persero) akan menyediakan fasilitas terminal LNG bagi PGN LNG (Pertamina Group) di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya guna mendukung pasokan LNG di area Jawa Timur. 
 
Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo III Toto Nugroho menyebut aksi korporasi antar dua perusahaan itu sebagai bentuk sinergi BUMN yang sesuai dengan kompetensi masing-masing.
 
Menurut dia, penyiapan fasilitas terminal LNG di Tanjung Perak akan dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama berupa penyiapan fasilitas untuk LNG carrier (kapal) dan Floating Storage Unit (FSU) serta lahan untuk penyiapan fasilitas regasifikasi diharapkan mulai beroperasi akhir Mei 2019. 

Pelindo III akan menyiapkan lahan sekitar 2 hektare (ha) untuk mendukung terminal LNG yang akan dioperasikan oleh PGN LNG. Kedua BUMN telah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang berlangsung di Kantor Pusat Pelindo III di Surabaya.  
 
“Kami bertanggung jawab terhadap layanan kepelabuhanan, termasuk pemindahan muatan dari kapal ke FSU. Untuk proses regasifikasi dan distribusi, tetap akan dilakukan oleh PGN LNG sesuai kompetensi masing-masing,” ungkap Toto dalam keterangan resmi, Jumat (28/12/2018).
 
Setelah penandatanganan MoU, kedua perusahaan akan langsung bekerja bersama, termasuk finalisasi desain dan penentuan lokasi yang tepat untuk terminal LNG. 
 
“Lokasi dan desain operasi masih dalam tahap finalisasi simultan dengan penyiapan hal-hal teknis di lapangan untuk memenui target operasi pada akhir Mei 2019,” tambahnya.
 
Sekretaris Perusahaan Pelindo III Faruq Hidayat menerangkan kerja sama dengan PGN LNG merupakan tindak lanjut kesepahaman yang telah dilakukan sebelumnya antara Pelindo III dengan PT Pertamina (Persero).

Selain mendukung penyiapan terminal LNG di Pelabuhan Tanjung Perak, akan disiapkan pula fasilitas untuk mendukung pasokan avtur di Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap, Jawa Tengah (Jateng).
 
"Kemudian, kerja sama pengoperasian layanan penundaaan kapal di sejumlah pelabuhan, seperti di Tanjung Wangi Banyuwangi, Tanjung Intan Cilacap, Kotabaru, dan Tuban. Pengoperasian bersama tersebut akan bermanfaat pada efisiensi pola operasi dan meningkatkan ketersediaan layanan pada pengguna jasa," tuturnya.
 
Sebelumnya, Pelindo III menyatakan akan mengoptimalkan utilisasi pelabuhan-pelabuhannya sebagai pintu logistik distribusi energi nasional yang dilaksanakan oleh Pertamina (Bisnis.com, 14/11/2018).
 
Kerja sama akan dimulai dari utilisasi aset yang memiliki kesamaan lini bisnis, seperti aset logistik di pelabuhan, layanan pemanduan kapal, layanan energi, hingga anak usaha Pertamina yang memiliki izin Badan Usaha Pelabuhan (BUP). 
 
Kedua perusahaan akan fokus pada spesialisasi masing-masing, yakni Pertamina dari sisi energi dan Pelindo III dari sisi kepelabuhanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper