Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Donald Trump akan Pecat Gubernur The Fed Jerome Powell

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berencana memecat Gubernur bank sentral AS The Fed Jerome Powell. 
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. /REUTERS
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. /REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berencana memecat Gubernur bank sentral AS The Fed Jerome Powell. 

Dua sumber yang mengetahui rencana tersebut mengatakan bahwa Trump telah secara pribadi membahas kemungkinan pemecatan gubernur bank sentral tersebut. Akan tetapi, kemungkinan langkah itu bisa mengacaukan kondisi pasar keuangan.

Sumber tersebut, sebagaimana dikutip Reuters, Minggu (23/12), mengatakan mereka tidak setuju dengan rencana pemecatan dan karena itu meminta Trump untuk mengurungkan niatnya. Tapi Trump tetap ngotot, bahkan telah minta pandangan kepada para panasihat tentang dasar hukum yang bisa digunakan untuk memecat Powell.

Sebagai informasi, Federal Reserve Act memang memungkinkan seorang presiden untuk memberhentikan anggota dewan The Fed. Namun, belum diketahui apakah aturan tersebut juga bisa digunakan oleh presiden untuk memberhentikan seorang gubernur bank sentral, yang juga memegang masa jabatan terpisah sebagai anggota dewan The Fed.

Gedung Putih belum membuat keputusan akhir mengenai rencana pemecatan tersebut. Penasihat Trump mengatakan awal tahun ini bahwa mereka ragu presiden memiliki wewenang hukum untuk memberhentikan ketua The Fed.

Sebagai informasi, Trump memang sering berseberangan dengan Powell yang dilantik menjadi gubernur bank sentral AS awal Februari lalu. Masalah dipicu oleh kebijakan kenaikan suku bunga acuan agresif yang dilakukan The Fed sepanjang 2018.

Trump mengatakan  kebijakan agresif tersebut telah membebani perekonomian AS. Dan kekhawatiran Trump tersebut terbukti. Paska The Fed menaikkan suku bunga acuan mereka untuk keempat kalinya pekan lalu, saham dan imbal hasil obligasi AS merosot.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper