Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wilayah Perkantoran Termahal di Dunia Ada di Hong Kong

Selama 4 tahun berturut-turut Central Hong Kong menjadi wilayah yang memiliki harga sewa paling mahal di dunia untuk kantor premium.

Bisnis.com, JAKARTA - Selama 4 tahun berturut-turut Central Hong Kong menjadi wilayah yang memiliki harga sewa paling mahal di dunia untuk kantor premium.

Berdasarkan data konsultan real estate global JLL, daerah sekitar wilayah ini memiliki harga sewa, pajak, dan biaya layanan 60% lebih mahal dibandingkan wilayah Midtown New York serta hampir 75% lebih mahal dibandingkan wilayah West End London.

Head of Research JLL Hong Kong Denis Ma mengatakan harga kantor yang tinggi di Central Hong Kong disebabkan oleh perusahaan-perusahaan China yang menempati ruang perkantoran Grade A.

"Hong Kong merupakan basis keuangan utama di Asia, dan Central adalah distrik keuangan yang paling penting. Namun, karena hanya ada sedikit ruang perkantoran yang masih tersedia di Central, maka hal ini mendorong naiknya harga sewa kantor," papar Denis, dikutip dariketerangan resminya, Sabtu (22/12/2018).

Akibat mahalnya ruang perkantoran di Central Hongkong, maka perusahaan-perusahaan kini mencari kantor di luar wilayah pusat perkantoran tradisional Hong Kong. Pada kuartal III/2018, lebih dari separuh area perkantoran baru berada di daerah pinggiran.

Denis memaparkan Hong Kong East dan Kowloon East muncul sebagai tempat alternatif yang disukai. Para penyewa terkemuka yang baru-baru ini pindah ke Hong Kong East yaitu Ernst & Young dan Baker McKenzie.

Dia menjelaskan selama ini Hong Kong East selalu dianggap sebagai lokasi untuk perkantoran back office oleh perusahaan multinasional, namun saat ini semakin banyak perusahaan yang melihat lokasi ini sebagai lokasi kantor pusat.

"Total biaya penempatan kantor di Hong Kong East 64% lebih rendah dari Central, sementara Kowloon East 76% lebih rendah dari Central. Berbagai sektor keuangan, asuransi, real estate dan layanan bisnis telah beralih ke Hong Kong East, dan saat ini menempati sekitar 37% dari basis penyewa. Perusahaan teknologi dan hukum juga banyak berpindah dari Central,” kata dia.

Sebagai informasi, setiap distrik di kota di China (Hong Kong, Beijing, Shenzhen, Shanghai) saat ini menempati enam dari sepuluh wilayah kantor premium paling mahal di Asia.

Akibatnya, desentralisasi telah dilakukan di banyak kota di China, yang bertujuan untuk melakukan penghematan perusahaan.

Biaya kantor premium rata-rata di Central Hong Hong adalah US $338 per kaki persegi (sqft), US $189 per kaki persegi (sqft) di Financial Street, Beijing dan US$ 131 per kaki persegi (sqft) di distrik Pudong, Shanghai.

Sementara, Singapura masuk ke dalam daftar 10 besar di kota-kota Asia, naik dari peringkat ke-14 di tahun 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper