Pesan Sri Mulyani Saat Meresmikan Gedung Keuangan di Manokwari

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meresmikan Gedung Keuangan Negara (GKN) Manokwari, Papua Barat.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 20 Desember 2018  |  09:45 WIB
Pesan Sri Mulyani Saat Meresmikan Gedung Keuangan di Manokwari
Menteri Keuangan Sri Mulyani tengah meresmikan Gedung Keuangan Negara di Manokwari, Papua Barat, pada Kamis (19/12). - Dok. Kemenkeu

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu)  Sri Mulyani meresmikan Gedung Keuangan Negara (GKN) Manokwari, Papua Barat.

Menkeu berharap, pembangunan GKN Manokwari akan mempermudah sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, serta meningkatkan pelayanan instansi vertikal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kepada instansi vertikal lembaga/pemerintah daerah dan masyarakat Papua Barat. 

"Saya berharap dengan peresmian gedung ini, sinergi, hubungan baik, dan pelayanan kepada masyarakat dan seluruh stakeholder bisa ditingkatkan" ungkap Sri Mulyani Indrawati, seperti dikutip keterangan pers, Kamis (20/12/2018).

Menkeu menegaskan, Pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) hadir untuk melayani dan membantu pembangunan di daerah. 

“Kami hadir di setiap pelosok Indonesia, ikut melayani dan membantu pembangunan di daerah. Saya berharap semua dana melalui APBN dan APBD dapat menghasilkan kemajuan-kemajuan yang dinikmati masyarakat,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto mengungkapkan bahwa pembangunan GKN Manokwari telah selesai dilaksanakan pada 29 April 2018, sesuai dengan Addendum IV Kontrak Nomor SP-06/GKN.11/2017 tanggal 29 Desember 2017. 

Pembangunan GKN Manokwari memakan waktu cukup lama karena terdapat beberapa kendala, baik secara administratif pengadaan maupun permasalahan hukum. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat untuk menyelesaikan pembangunan GKN Manokwari demi mewujudkan pelayanan prima di wilayah timur Republik Indonesia, khususnya Provinsi Papua Barat. 

Ia menambahkan, penyelesaian pembangunan GKN Manokwari dapat terwujud berkat kerja sama yang baik antara Kemenkeu dan Pengadilan Negeri Manokwari serta instansi terkait lainnya.

GKN Manokwari memiliki tiga lantai dengan total luas bangunan 3.840 m², didesain melambangkan logo Kemenkeu dan mempunyai arti ungkapan suatu daya yang mempersatukan dan menyerasikan dalam gerak kerja untuk melaksanakan tugas Kemenkeu. 

Sejak 1 September 2018, GKN Manokwari telah digunakan oleh beberapa satuan kerja, antara lain Sekretariat Perwakilan Kemenkeu Provinsi Papua Barat; Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Manokwari; Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manokwari; Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Papua Barat; serta Aula Gedung Keuangan Negara.

Peresmian yang dilaksanakan hari ini dihadiri oleh Gubernur Papua Barat, jajaran Pejabat Eselon I Kemenkeu, Pangdam XVIII/Kasuari, Kapolda Papua Barat, jajaran Pejabat Instansi Vertikal Kementerian/Lembaga Provinsi Papua Barat, dan Pimpinan/Pejabat  Provinsi Papua Barat.
 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
menteri keuangan, papua

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top