Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Posko Nataru Resmi Dibuka, Pantau 52 Pelabuhan

Posko penyelenggaraan angkutan laut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 resmi dibuka dan beroperasi memonitor pergerakan kapal dan penumpang di 52 pelabuhan.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Posko penyelenggaraan angkutan laut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 resmi dibuka dan beroperasi memonitor pergerakan kapal dan penumpang di 52 pelabuhan.

Posko berpusat di Operation Room lantai 4 Gedung Karsa Kementerian Perhubungan dan di 52 pelabuhan pantau di seluruh Indonesia mulai 18 Desember 2018 hingga 8 Januari 2019.

Dirjen Perhubungan Laut Kemenhun Agus H. Purnomo mengatakan pemerintah telah mengantisipasi lonjakan penumpang saat Natal dan Tahun Baru dengan menyediakan sarana dan prasarana transportasi laut yang cukup dan andal serta tetap memperhatikan faktor keselamatan pelayaran.

"Ditjen Perhubungan Laut juga menyiapsiagakan kapal-kapal patroli KPLP [Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai] dan kapal negara kenavigasian untuk membantu sewaktu-waktu bila dibutuhkan dalam memobilisasi untuk kelancaran lalu lintas kapal," katanya dalam siaran pers, Selasa (18/12/2018).

Ditjen Hubla sebelumnya telah memerintahkan seluruh unit pelaksana teknis (UPT) untuk melaksanakan uji petik kelaiklautan kapal penumpang, terutama pada pelabuhan yang melayani angkutan laut Natal dan Tahun Baru.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Hubla Wisnu Handoko memprediksi peningkatan jumlah penumpang pada moda transportasi laut sebesar 3,5% atau 37.564 menjadi dari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Pada Natal dan Tahun Baru kali ini, jumlah penumpang diperkirakan 1,1 juta orang.

Untuk mengantisipasi itut, Ditjen Hubla menyiapkan armada kapal laut sebanyak 1.293 unit dengan kapasitas 3,4 juta orang penumpang. Armada itu terdiri atas kapal PT Pelni 26 unit, kapal perintis 113 unit, kapal ro-ro swasta 26 unit, kapal penumpang swasta 74 unit, kapal swasta jarak dekat 1.049 unit, dan 5 unit kapal perintis cadangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper