Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENGHARGAAN TAMBANG, KPC Pembayar PNBP Terbesar, Freeport Terbaik dalam Realisasi Investasi

Indonesia Mining Association (IMA) menggelar acara IMA Award 2018.
Lokasi penambangan Grassberg di Papua yang digarap PT Freeport Indonesia/Reuters
Lokasi penambangan Grassberg di Papua yang digarap PT Freeport Indonesia/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Indonesia Mining Association (IMA) menggelar acara IMA Award 2018.

Kegiatan yang dihadiri Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Bambang Gatot Aryono ini untuk mengapresiasi kinerja terbaik sektor pertambangan dalam beberapa aspek. Apresiasi tersebut diberikan dalam bentuk penghargaan.

Ketua IMA atau Asosiasi Pertambangan Indonesia Ido Hutabarat mengatakan, pencapaian di sektor pertambangan mulai dari soal lingkungan, tenaga kerja, maupun kontribusi bagi negara patut diapresiasi. Pasalnya, semuanya merupakan bentuk komitmen dan hasil kerja keras perusahaan-perusahaan yang ada di sektor pertambangan.

Salah satu kontribusi nyata adalah penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang tahun ini melampaui target. Sampai Akhir November 2018, realisasi PNBP sudah mencapai Rp42 triliun di atas target Rp31,09 triliun.

Pada 2019, pemerintah menetapkan target PNBP sektor pertambangan sebesar Rp41,82 triliun. 

“IMA Award 2018 juga bertujuan memberikan motivasi pada semua pihak agar meningkatkan kinerja masing-masing sehingga bisa memberi kontribusi lebih besar lagi bagi bangsa dan juga masyarakat,” kata Ido, Senin (17/12/2018).

Menteri ESDM Ignasius Jonan dalam sambutannya mengapresiasi pelaku usaha sektor pertambangan atas capaian beberapa hal. 

“Saya berterima kasih karena tahun ini pembayaran PNBP melebihi target yang ditetapkan pemerintah. Meski demikian sesuai masukan dari stakeholder terutama aparat penegak hukum bahwa proses penilaian, pungutan dan pembayaran PNBP bisa lebih akuntable,” kata Jonan.

IMA berharap penyelenggaraan IMA Award 2018 ini akan mendorong kebangkitan industri pertambangan di Indonesia seiring dengan geliat pasar komoditas yang semakin membaik. 

Berikut daftar perusahaan Pemenang IMA Award 2018.

Pertama, kategori perusahaan dengan pembayar PNBP terbesar adalah PT Kaltim Prima Coal. 

Kedua, kategori perusahaan dengan Pengelolaan Lingkungan Terbaik adalah PT Kaltim Prima Coal (batu bara) dan PT Aneka Tambang (UBEP Pongkor-Mineral).

Ketiga, perusahaan Pengelola Keselamatan Pertambangan Terbaik adalah PT Adaro Indonesia (batu bara ) dan PT Vale Indonesia (mineral). 

Keempat, perusahaan dengan Realisasi Investasi Terbaik berdasarkan RKAB adalah PT Indominco Mandiri (batu bara) dan PT Freeport Indonesia (mineral).

Kelima, perusahaan penyuplai batu bara tertinggi adalah PT Kideco Jaya Agung (PKP2B) dan PT Bukit Asam Tbk. (IUP). 

Kategori keenam, perusahaan yang sudah berupaya menggunakan produk dalam negeri (TKDN) adalah PT Arutmin Indonesia disusul oleh PT J Resources Bolaang Mongondow. 

Ketujuh, kategori perusahaan yang menerapkan Konservasi Mineral Ikutan Terbaik adalah PT TimahTbk. 

Kedelapan, kategori perusahaan jasa pertambangan yang melakukan kaidah pertambangan terbaik adalah PT Pama Persada Nusantara.  

Malam itu IMA juga menganugerahkan Penghargaan Tokoh Pertambangan yang berkontribusi terbesar untuk sektor pertambangan kepada Alm. Dr Soetaryo Sigit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper