Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seluruh Wilayah Jabar Bakal Terhubung Jalan Tol

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menargetkan seluruh daerah di Jabar terhubung dengan jalan tol baik jalur utara maupun selatan untuk mendongkrak pendapatan dan ekonomi masyarakat.
Jalan tol Cipularang di KM 100 Purwakarta, Jawa Barat./JIBI-Dedi Gunawan
Jalan tol Cipularang di KM 100 Purwakarta, Jawa Barat./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, SUKABUMI – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menargetkan seluruh daerah di Jabar terhubung dengan jalan tol baik jalur utara maupun selatan untuk mendongkrak pendapatan dan ekonomi masyarakat.

"Kita sudah komitmen untuk melakukan pembangunan mega proyek terkait perhubungan untuk melayani transportasi agar mempermudah akses warga yang ingin keluar kota," katanya di Sukabumi pada Jumat (14/12/2018).

Menurutnya, pihaknya tentu berkoordinasi dengan pemerintah pusat khususnya Presiden RI Joko Widodo agar mempercepat pembangunan jalan tol. Nantinya jika ada warga dari Jakarta yang ingin ke Bandung bisa melalui Cipularang atau melalui Tol Bocimi-Bandung.

Dengan demikian, jika ingin mudik dari Jakarta bisa melalui Tol Cipularang atau Tol Bocimi-Bandung yang saat ini tol penghubung Sukabumi dengan Bogor ini tengah dikebut pengerjaannya.

Selanjutnya dari Bandung bisa dilanjut melalui Tol Cigatas yakni Cileunyi-Garut-Tasikmalaya-Cilacap. Sehingga warga priangan timur yang ingin mudik ke wilayah Jawa Tengah tidak bisa memilih jalur yang ingin dilaluinya baik melalui Nagrek atau Cigatas.

"Jadi, Jabar dalam 5 tahun jalan tol bertambah, jalur kereta kita kebut pengerjaannya, lokasi pariwisata di mana-mana ditambah pelabuhan dan bandara," tambahnya.

Kang Emil sapaan akrabnya mengatakan tidak hanya pelayanan perhubungan saja, tetapi pihaknya juga meningkatkan pelayanan publik 3.0 (proaktif). Seluruh pihak harus semangat dan mendukung agar proses ini berjalan lancar.

Dia memaparkan visi pemerintahannya adalah Jabar Juara Lahir Batin. Kenapa harus juara lahir dan batinnya yakni agar seimbang, sebab jika hanya mengurus dunia saja tanpa religi maka tingkat stresnya tinggi seperti warga Amerika Serikat yang merupakan negara adidaya dan maju, tetapi rakyatnya tidak mengimbangi dengan religi sehingga banyak yang stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper