Robot, 'Saingan' Baru Presenter Manusia

Kantor berita asal China Xinhua dan perusahaan teknologi Sogou Inc kembangkan robot pembaca berita. Kemiripan robot tersebut layaknya manusia biasa dinilai dapat menjadi kompetitor baru pembaca berita manusia.
Wibi Pangestu Pratama | 10 November 2018 08:01 WIB
Robot humanoid. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kantor berita asal China Xinhua dan perusahaan teknologi Sogou Inc kembangkan robot pembaca berita. Kemiripan robot tersebut layaknya manusia biasa dinilai dapat menjadi kompetitor baru pembaca berita manusia.

Dilansir dari Reuters, Jumat (09/11/2018), robot pembaca berita tersebut dipamerkan Xinhua dan Sogou dalam perhelatan World Internet Conference di Kota Wuzhen, China yang kini tengah berlangsung. Robot dengan kecerdasan buatan (artificial intelligent) itu menarik perhatian pengunjung pameran.

Robot tersebut dibuat mirip dengan Qiu Hao, pembaca berita Xinhua. Berkat kecerdasan buatan, robot tersebut mampu meniru dengan baik ekspresi wajah dan gestur Qiu saat membacakan berita.

Dalam video presentasi lain dari Xinhua, robot pembaca berita lain turut diperkenalkan. Perbedaannya robot tersebut hanya orang yang 'ditirunya'. Robot lain tersebut menjelaskan bahwa hari itu merupakan hari pertamanya bekerja di kantor berita Xinhua.

"Bekerja tanpa lelah untuk tetap memberimu informasi karena teks yang teks yang diketikkan ke dalam sistemku tidak akan terganggu," ujar robot tersebut.

Salah seorang staf pemasaran Sogou menyatakan belum diketahui kapan teknologi robot tersebut benar-benar akan digunakan. Projek robot tersebut menjadi salah satu dorongan pemerintah China dalam memajukan teknologi kecerdasan buatan, mulai dari kamera pengintai hingga mobil kemudi otomatis

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
robot

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top