Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Brebes Timur – Pemalang 42,7 Km Diresmikan, 230 Km Menyusul

Pemerintah secara bertahap merealisasikan pembangunan jalan tol Trans Jawa dari Merak hingga Banyuwangi sepanjang 1.150 km untuk bisa tersambung pada akhir 2019.
Jalan tol Pejagan - Pemalang di Jawa Tengah./Istimewa-Kementerian PUPR
Jalan tol Pejagan - Pemalang di Jawa Tengah./Istimewa-Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah secara bertahap merealisasikan pembangunan jalan tol Trans Jawa dari Merak hingga Banyuwangi sepanjang 1.150 km untuk bisa tersambung pada akhir 2019.

Salah satu ruas tol yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (9/11/2018) adalah ruas tol Pejagan – Pemalang seksi 3 dan 4 dari Brebes Timur - Pemalang sepanjang 42,7 km.

Dengan demikian, jalan tol Pejagan-Pemalang  yang berlokasi di Jawa Tengah itu sudah beroperasi seluruhnya sepanjang 57,5 km. Sebelumnya, ruas tersebut baru dioperasikan untuk seksi 1 dan 2 hingga Brebes Timur.

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol oleh Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, dan Direktur Utama PT Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan sesuai dengan target awal, pada akhir 2018 seluruh ruas jalan tol Trans Jawa akan beroperasi dari Merak hingga Surabaya sepanjang 870 km.

Sampa saat ini, dia mengatakan sepanjang 640 km telah beroperasi. Sisanya, sepanjang 230 km yang terbagi menjadi lima ruas akan beroperasi bertahap hingga akhir 2018.

Kelima ruas tol yang akan menyusul untuk diresmikan tersebut yakni ruas Tol Sragen – Ngawi sepanjang 51 km pada pekan kedua November 2018.

Selain itu, Pemalang--Batang sepanjang 33 km, Batang--Semarang sepanjang 75 km, Salatiga–Solo sepanjang 32 km, Wilangan–Kertosono sepanjang 39 km yang semuanya paling lambat beroperasi pada minggu ke 2 Desember 2018.

"Kelima ruas tol tersebut belum dikenakan tarif hingga ditetapkan tarif definitifnya pada Januari 2019," kata Basuki dalam keterangan resmi, Jumat (9/11/2018).

Menteri Basuki menyatakan semakin terhubungnya Tol Trans Jawa akan mendukung kelancaran arus mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Untuk Tol Surabaya hingga Banyuwangi sepanjang 280 km saat ini telah beroperasi sepanjang 43 km. Diharapkan pada 2018 akan bertambah sepanjang 52 km dan sisanya 185 km ditargetkan rampung secara bertahap pada 2019.

Jalan tol Pejagan – Pemalang pengusahaannya dilakukan oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road dengan nilai investasi Rp7,62 triliun. Untuk tol Pemalang – Batang dikerjakan oleh konsorsium PT Waskita Karya dan PT Sumber Mitra Jaya dengan nilai investasi Rp7,5 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper