Disrupto Pertemukan Investor dan Startup di Plaza Indonesia

Akan ada lebih dari 200 startup yang telah dikurasi sebelumnya bersiap unjuk gigi dan memperkenalkan diri mereka dalam berbagai eksibisi.
Dhiany Nadya Utami | 08 November 2018 12:18 WIB
General Manager Marketing Plaza Indonesia Extension Astri Abyanti, Co-Founder & CEO WIR Group Daniel Surya, dan Direktur Community Financial Services Maybank Indonesia Jenny Wiriyanti berfoto usai Konferensi Pers Disrupto di Plaza Indonesia, Rabu (7/11/2018) - Bisnis/Dhiany Nadya Utami

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan rintisan yang menjamur di Indonesia memicu kehadiran gerakan untuk mewadahi semangat wirausaha tersebut. Salah satunya adalah Disrupto, ajang yang akan digelar akhir November mendatang. Selain tempat berbagi ilmu, acara ini sekaligus menjadi ajang pertemuan para startup dan pemodal.

Daniel Surya, Co-Founder & CEO WIR Group, sebagai inisiator gerakan Disrupto mengatakan bahwa mereka bukan hanya sekadar membuat festival, melainkan membuat gerakan yang inklusif. Artinya, Disrupto tidak hanya ditujukan bagi kaum milenial yang bergerak di perusahaan rintisan.

 “[Terbuka] bagi existing industries yang sedang melakukan disrupsi, buat pemerintah juga. Pokoknya buat semua yang punya hati startup,” katanya saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Dia menjelaskan acara yang akan digelar selama 3 hari yakni 23—25 November di Plaza Indonesia ini rencananya dibagi dalam 7 zona yakni zona Investor & Capital, zona Startup, zona Creative Product, zona Digital Content, zona Future Tech, zona Green Tech, dan zona Brand.

Selama 3 hari akan banyak pembicara yang berasal dari beragam latar belakang di antaranya Menkominfo Rudiantara, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong, Chief Financial Officer OVO Jason Tan, Strategic Partner Development Manager Isabella Wibowo, Business Development Manager JD.ID Eyvette Tung, dan Co-Founder Burgreens Helga Tjahyadi.

Dalam gelaran yang bertajuk Disrupto: The Movement to Disrupt & Transform the Nation ini, akan ada lebih dari 200 startup yang telah dikurasi sebelumnya bersiap unjuk gigi dan memperkenalkan diri mereka dalam berbagai eksibisi.

Daniel mengatakan institusi keuangan global seperti UBS, Julius Baer Group, Credit Suisse, serta modal ventura seperti Kejora Ventures, Gobi Partners, Vertex Ventures, dan Saoraja Hub turut hadir di acara tersebut sehingga meningkatkan potensi investasi.

“Jadi ini temu jodohnya lah, siapa tau ada yang tertarik dengan para startup nanti,” kata Daniel. 

Selain disrupsi yang tengah terjadi saat ini, Disrupto juga mengangkat tema mengenai disrupsi yang akan datang. Dalam tema tersebut ada dua bidang utama yang akan di angkat yakni energi dan otomotif. Salah satunya dipamerkan dalam zona Green Tech adalah bus elektrik Mobil Anak Bangsa (MAB) dan skuter listrik.

 

Jenny Wiriyanti, Direktur Community Financial Services Maybank Indonesia, mengatakan pihaknya bersedia berkolaborasi dengan Disrupto karena merasa memiliki kesamaan visi dan misi terutama tentang disrupsi yang tengah terjadi di industri saat ini.

“Ini bukan hanya sekadar tentang startup atau fintech, tapi kami ingin bilang bahwa enggak harus besar buat bisa ngedisrupsi,” kata Jenny.

Dia mengharapkan ajang satu ini dapat memicu kolaborasi lebih lanjut terutama di level business to business (B2B) agar para perusahaan baik rintisan maupun yang sudah lebih dulu ada dapat mengembangkan bisnisnya lebih baik.

“Kolaborasi di B2B ya, kalau B2C [business to consumer] kan bakar uang banget,” tambahnya.

Pada hari pelaksanaan nanti, lokasi Disrupto akan terbagi dalam 3 kawasan utama yang ada di 3 lantai. Kawasan tersebut yakni Disrupto Hall sebagai panggung utama, Black Stage dan Red Stage.

General Manager Marketing Plaza Indonesia Extension Astri Abyanti menjelaskan pengunjung dibebaskan untuk masuk ke area acara. Namun jika ingin mengikuti berbagai sesi pembicara di 3 kawasan tersebut, diperlukan tiket yang dapat diperoleh secara daring seharga Rp750.000 untuk 3 hari acara.

Tag : StartUp
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top