Bos Exxon Mobil Temui Presiden Jokowi Bahas Investasi Hilir

Chief Executive Officer (CEO) Exxon Mobil Darren Woods menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/11/2018).
Yodie Hardiyan | 08 November 2018 12:10 WIB
Chief Executive Officer (CEO) Exxon Mobil Darren Woods - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Chief Executive Officer (CEO) Exxon Mobil Darren Woods menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Dalam pertemuan yang dimulai sekitar pukul 09.00 hingga 09.30 WIB itu, Presiden didampingi Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Archandra Tahar dan Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Binsar Panjaitan.

Seusai pertemuan, Archandra mengatakan pertemuan antara Exxon dan Presiden membahas perkembangan investasi perusahaan minyak asal Amerika Serikat itu di Indonesia.

"Produksi mereka kan sekarang jauh lebih tinggi dari yang diharapkan. Yang diharapkan 180.000, mereka itu sekarang 207.000 barrel per day (hari)," kata Archandra.

Di samping itu, menurutnya, ada potensi penambahan cadangan minyak. Hal tersebut, sambung Archandra, merupakan berita baik buat Indonesia.

 Archandra mengatakan pihak Exxon mengapresiasi mengenai investasi di sektor minyak di Indonesia. Menurutnya, regulasi yang mendasarkan pada kemudahan, kepastian dan efisiensi di Indonesia sejalan dengan kultur Amerika Serikat.

Dikatakan, Exxon akan berinvestasi di hilir. Rencana itu masih diproses di Kementerian ESDM.

"Di lubricant (pelumas), mereka akan masuk di lubricant juga. Mereka sedang proses izinnya," kata Archandra yang belum bisa menyebutkan nilai investasi baru tersebut.

Tag : jokowi, exxonmobil
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top