Pengguna XL di Jawa Tengah Makin "Lapar" Data

Beberapa kota/kabupaten seperti Kabupaten Rembang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Grobogan bahkan menyentuh pertumbuhan data sebesar 182%
Duwi Setiya Ariyanti | 08 November 2018 12:02 WIB
Teknisi melakukan perawatan base transceiver station (BTS) PT XL Axiata di area Jawa Tengah - XL Axiata

Bisnis.com, JAKARTA — PT XL Axiata Tbk. memperkuat jaringan 4G di Jawa Tengah guna meningkatkan kualitas layanan data dan meningkatkan trafik. 

Dalam keterangan resminya, Selasa (7/11/2018), Group Head Commercial Go To Market XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono mengatakan provinsi ini menjadi salah satu prioritas peningkatan layanan di tahun ini karena menyumbang pertumbuhan trafik tertinggi. Kendati demikian, dia tak menyebutkan berapa jumlah base transceiver station (BTS) yang akan atau telah dibangun.

Dia mengklaim Jawa tengah menampilkan pertumbuhan trafik tertinggi yakni 75% bila dibanding tahun sebelumnya. Adapun, beberapa kota/kabupaten seperti Kabupaten Rembang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Grobogan bahkan menyentuh pertumbuhan data sebesar 182% dari Januari hingga September 2018 dibanding periode yang sama tahun 2017.

Meskipun, sebenarnya bila dilihat secara menyeluruh, trafik data perusahaan belum pulih pascaregistrasi.

“Jawa Tengah adalah salah satu wilayah yang paling dinamis dan mengalami peningkatan trafik data paling tinggi. Kami akan terus menjaga performa di wilayah ini,” katanya. 

Di sisi lain, jumlah pelanggan data di jaringan sebesar 4,7 juta atau 64% dari total pelanggan di Jawa Tengah. Peningkatan trafik itu disumbang program promosi dan ketersediaan lebih dari 8.410 BTS 3G dan 4G di Jawa Tengah. 

XL Axiata akan terus melakukan sosialisasi manfaat layanan data di daerah-daerah yang dinilai masih belum maksimal pemakaiannya.

Sementara itu, jumlah pelanggan yang menggunakan layanan data mencapai kurang lebih 4,7 juta, atau sekitar 64% dari total pelanggan di Jawa Tengah. Salah satu faktor pendorong peningkatan pelanggan dan trafik data adalah diluncurkannya sejumlah program yang menarik, yang mampu memberikan benefit lebih bagi pelanggan.

Secara nasional, hingga akhir September 2018, XL Axiata telah memiliki lebih dari 116.134 BTS, dengan 50.476 unit di antaranya merupakan BTS 3G dan lebih dari 28.028 unit merupakan BTS 4G. Jaringan 4G LTE milik XL Axiata kini telah menjangkau 387 kota/kabupaten di berbagai penjuru wilayah di Indonesia. 

Pembangunan infrastruktur BTS 4G akan terus dilakukan selaras dengan fokus XL Axiata untuk menjadi perusahaan penyedia layanan koneksi data pilihan di Indonesia.

“Kami tetap harus terus membangun infrastruktur data di provinsi Jawa Tengah, baik untuk mengakomodir peningkatan trafik yang terjadi, maupun untuk penetrasi ke area-area yang belum terjangkau 4G LTE agar semakin merata area layanan data yang berkualitas,” katanya. 

Tag : seluler
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top