CMNP Segera Bangun Tol Susun Ganda Pertama di Indonesia

Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) menargetkan bisa memulai konstruksi jalan tol Ancol Timur-Pluit atau Harbour Road pada November 2018. Jalan tol ini akan menjadi tol susun ganda (double decker) pertama di Indonesia.
Rivki Maulana | 05 November 2018 16:09 WIB
Pekerja menyelesaikan pembangunan jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung-Melayu (Becakayu) yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya Tbk. (Persero) di Jakarta, Senin (17/4). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. atau CMNP menargetkan bisa memulai konstruksi jalan tol Ancol Timur-Pluit atau Harbour Road pada November 2018. Jalan tol ini akan menjadi tol susun ganda (double decker) pertama di Indonesia.

Direktur Utama CMNP, Tito Sulistio mengatakan perseroan akan membangun jalan tol melayang sepanjang 9,53 kilometer. Segmen ini merupakan penambahan ruang lingkup dari ruas tol Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga atau dikenal dengan Tol Wiyoto Wiyono.

"Di sana sudah tidak mungkin menambah jalan tol di kiri dan kanan, maka kami buat double decker, kami buat di atas yang sudah ada," jelasnya di Jakarta, Senin (5/11/2018).

Dia menambahkan CMNP sudah meneken kerjasama dengan dua perusahaan konstruksi untuk menggarap tol tersebut, yaitu PT Girder Indonesia dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Skema kerjasama menggunakan contractor pre financing (CPF). Artinya kontraktor menanggung biaya konstruksi hingga selesai sebelum menerima pembayaran dari pemberi kontrak.

Penambahan ruang lingkup pengusahaan jalan tol di sisi lain memperpanjang masa konsesi ruas tol yang dikelola CMNP. Tanpa penambahan ruang lingkup, konsesi tol Wiyoto Wiyono bakal berakhir pada 2025.

Pada 4 Oktober 2018, CMNP telah meneken berita acara dengan Badan Pengatur Jalan Ttol (BPJT) perihal perubahan rencana usaha pada pengusahaan ruas tol Wiyoto Wiyono. Masa konsesi pun berlanjut hingga 2060. Investasi pembangunan jalan tol melayang Ancol Timur - Pluit diperkirakan mencapai Rp13,2 triliun.

Tag : jalan tol
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top