Profestama Tawarkan Solusi Keamanan Bidang Infrastruktur

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 1 November 2018 | 05:00 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -PT. Professtama Teknik Cemerlang (Professtama), memperkenalkan solusi keamanan mutakhir untuk pengawasan infrastruktur di ajang Indonesia Infrastructure Week (IIW) 2018.

Sanny Suharli, Founder & Chairman, PT. Professtama Teknik Cemerlang, mengungkapkan, ajang IIW 2018 ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi Professtama dan mitra untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, pelaku bisnis maupun pemerintah untuk memiliki solusi terhadap risiko ancaman keamanan yang terus meningkat. 

Professtama sendiri menghadirkan solusi menyeluruh teknologi keamanan mutakhir dari berbagai mitranya, seperti dari Hanwha Techwin dan Jisung Protech.

Felix New, Technical Sales Manager, Hanwha Techwin, menyatakan perusahaan memiliki sebuah tim keamanan khusus bernama S-CERT yang melakukan pengujian terhadap sistem untuk menemukan potensi celah keamanan di perangkat Wisenet.

Dia menjelaskan Wisenet menghadirkan solusi teknologi keamanan terkini untuk keamanan kota, industri retail, industri perbankan dan transportasi yang telah memiliki sistem Video Management terbaik serta pertahanan terhadap celah keamanan backdoor code.

Salah satu produk unggulannya adalah jajaran kamera Wisenet X-Series. Jajaran kamera tersebut juga dilengkapi chipset Wisenet 5, teknologi perekaman 150dB WDR, slot Dual SD Card serta fitur Video dan Audio Analytic terkini untuk solusi pemantauan yang efektif dan efisien.

Sementara di sisi lain, Jisung Protech menegaskan bahwa kebutuhan untuk teknologi sekuriti sangat penting di Indonesia, terutama untuk infrastruktur kritis. Solusi dari Jisung Protech sangat tepat bagi pemerintah Indonesia yang tengah gencar membangun infrastruktur strategis, seperti bandara internasional, pembangkit tenaga listrik, jaringan transportasi, komplek industri dan pabrik.

Menurut Scottie Kim, CEO Jisung Protech solusi teknologi keamanan mereka dapat membantu pemerintah dan masyarakat Indonesia mendapatkan manfaat yang maksimal dari infrastruktur strategis.

Ada empat keunggulan utama dari solusi Jisung Protech. Pertama, dilengkapi sistem prediksi berbasis kondisi yang didukung teknologi face recognition dan artificial intelligence canggih. Kedua, adanya kamera thermal yang memiliki fitur nightvision untuk mendeteksi dalam suasana gelap total. Ketiga, memiliki kamera thermal yang sensitif terhadap perubahan suhu dan pencegahan kecelakaan. Keempat, terverifikasi standar internasional terkait ketahanan ledakan untuk pencegahan bencana. Seluruh keunggulan ini memungkinkan berbagai infrastruktur strategis di Indonesia memiliki keamanan dan operasional yang optimal.

Brigjen TNI (Purn) H. Aritonang, Sekretaris Jenderal Asosiasi Teknologi dan Industri Sekuriti Indonesia (ATISI), mengatakan, perkembangan teknologi Internet of Things (IoT) tidak hanya memberikan peluang besar namun juga ancaman keamanan yang besar bagi akselerasi bisnis maupun infrastruktur.

Infrastruktur strategis merupakan salah satu sasaran empuk bagi penyadapan atau pencurian data di dunia. Sangat penting untuk mengevaluasi kembali standar teknologi keamanan dalam melindungi infrastruktur.

ATISI mengungkapkan Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa telah melarang pemakaian produk keamanan yang memiliki celah keamanan (backdoor code) sebagai bentuk perlindungan infrastruktur stategis terhadap potensi ancaman keamanan negara. Teknologi yang saat ini mutlak harus ada di sistem keamanan adalah anti penyadapan data, khususnya pertahanan terhadap backdoor code. Mengingat dengan backdoor code, akses ke CCTV dapat diretas tanpa perlu mengetahui kata sandi, sehingga rentan pencurian rekam data denah ruangan maupun aktivitas di infrastruktur strategis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper