Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keselamatan Penerbangan: Ini Sebabnya Kursi Harus Tegak, Jendela Dibuka dan Meja Dilipat Sebelum Pesawat Terbang dan Mendarat

Sebelum dan setelah pesawat mencapai landasan pacu, maskapai penerbangan selalu mengingatkan penumpang agar membuka penutup jendela, menegakkan sandaran kursi, dan melipat meja yang ada di depan.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Sebelum dan setelah pesawat mencapai landasan pacu, maskapai penerbangan selalu mengingatkan penumpang agar membuka penutup jendela, menegakkan sandaran kursi, dan melipat meja yang ada di depan.

Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia (IPI) Capt. Rama Noya mengatakan bahwa imbauan tersebut sesuai dengan prosedur keselamatan penerbangan.

Hal ini karena kebanyakan kecelakaan pesawat sering terjadi ketika dua momen itu.

“Membuka jendela fungsinya agar penumpang mengetahui jika pesawat mengalami kerusakan atau semacamnya. Jadi mereka bisa langsung bersiaga,” kata Rama saat dihubungi Bisnis.com, Selasa (30/10/2018).

Rama mencontohkan jika sayap pesawat mengalami kebakaran, penumpang bisa memberitahu pilot atau pramugari untuk segera melakukan evakuasi.

Sementara kursi harus ditegakkan untuk berjaga-jaga saat ada pendaratan darurat. Saat kursi terlalu menjorok, penumpang di belakangnya menjadi pihak yang paling terdampak.

“Mereka juga akan terjebak dan kesulitan untuk berdiri keluar menuju pintu darurat,” ucap Rama.

Hal yang sama juga berlaku soal aturan melipat meja.

Mantan pilot Lion Air ini menjelaskan bahwa kewajiban pramugari untuk mengingatkan penumpang jika lupa melakukan tiga hal demikian.

“Sepengalaman saya penumpang selalu bersedia jika diingatkan pramugari,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper