TCash Uji Coba Penerapan Kode QR Terstandar

N. Nuriman Jayabuana
Selasa, 30 Oktober 2018 | 15:29 WIB
Ilustrasi penggunaan TCash./Dok. TCash
Ilustrasi penggunaan TCash./Dok. TCash
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dompet digital TCash berkomitmen mendukung percepatan inisiatif keuangan inklusif dengan berpartisipasi dalam uji coba penerapan kode QR terstandar (QR Code Indonesian Standard/QRIS) yang berlangsung sejak awal Oktober 2018.

TCash menjadi salah satu penyelenggara uang elektronik non perbankan yang tergabung dalam kelompok uji coba implementasi Kode QR terstandar tahap pertama.

CEO TCash Danu Wicaksana mengatakan mendukung penuh inisiatif Bank Indonesia (BI) dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) untuk menghadirkan Kode QR terstandar. Inisiatif tersebut diyakini akan dapat meningkatkan kenyamanan dan kepuasan masyarakat dalam melakukan transaksi non tunai.

"Kami pun telah memenuhi seluruh persyaratan yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan Kode QR terstandar dalam beberapa waktu mendatang, di antaranya menyesuaikan fitur Snap QR Code dalam aplikasi TCash Wallet sesuai format yang dicanangkan,” ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (30/10/2018).

Bersama BI dan ASPI, TCash tergabung menjadi bagian tim persiapan dan pengembangan Kode QR terstandar tersebut. Tim itu merumuskan langkah-langkah implementasi interoperabilitas antar penerbit uang elektronik, baik yang berasal dari perbankan maupun non perbankan.

Langkah itu mencakup perumusan sistem dan format Kode QR terstandar, serta mekanisme interkoneksi antar penerbit uang elektronik dalam memanfaatkan Kode QR untuk bertransaksi di berbagai merchant.

Kode QR terstandar ini pun diujicobakan penggunaannya secara langsung pada beberapa merchant yang telah disepakati. Dalam periode ini, TCash telah sukses mengujicobakan Kode QR terstandar pada beberapa merchant outlet untuk ditransaksikan oleh seluruh penyelenggara pembayaran yang memanfaatkan Kode QR.

Langkah ini dilakukan guna memastikan fungsi interoperabilitas Kode QR terstandar telah berfungsi dengan baik.

“Ke depannya, kami akan memastikan implementasi serta kesiapan dalam melayani beragam pembayaran menggunakan Kode QR terstandar di seluruh merchant outlet TCash. Hal ini juga merefleksikan dukungan TCash terhadap inisiatif BI dalam menyeragamkan Kode QR yang tersedia di berbagai merchant, guna menjaga kepuasan konsumen dan merealisasikan less-cash society di Indonesia. Kami optimistis hadirnya Kode QR terstandar ini dapat diterima oleh seluruh pihak, baik penerbit uang elektronik, pelaku bisnis, maupun masyarakat luas,” lanjut Danu.

Selain melayani pembayaran di lebih dari 75.000 merchant outlet di Indonesia, TCash pun menghadirkan beragam jenis layanan lainnya, seperti pembelian paket pulsa dan data; pembayaran tagihan (PDAM, BPJS, listrik, internet); donasi digital; pengiriman dana antar-pengguna (peer-to-peer transfer).

Selanjutnya, pembayaran transportasi, seperti pembelian kereta bandara Railink di Soekarno-Hatta Cengkareng dan Kualanamu Medan, BRT Semarang, dan taksi Bluebird; pembelian micro insurance; remitansi domestik dan internasional; linked-account; hingga pembelian BBM secara nontunai di 150 SPBU Pertamina.

Implementasi Kode QR terstandar ini juga diharapkan akan mendukung perkembangan ekosistem digital TCash bagi lebih dari 25 juta pelanggan lintas operator telekomunikasi di 34 provinsi di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper