Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konstruksi Indonesia Digelar 31 Oktober-2 November, Ini Targetnya

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN) akan menggelar acara tahunan Konstruksi Indonesia pada 31 Oktober--2 November di JIExpo Kemayoran, Jakarta.
Ilustrasi Konstruksi/JIBI-Nurul Hidayat
Ilustrasi Konstruksi/JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA-- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN) akan menggelar acara tahunan Konstruksi Indonesia pada 31 Oktober--2 November di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Pada tahun ini, tema yang diusung dalam acara tersebut yakni Ketahanan Masyarakat Jasa Konstruksi Indonesia Menghadapi Liberalisasi Perdagangan Barang dan Jasa dengan Fokus Utama pada Peningkatan Sumber Daya Manusia.

Dirjen Bina Konstruksi Syarif Burhanuddin mengatakan acara dimaksudkan untuk mendukung pembangunan infrastruktur, terutama dalam hal pengembangan sumber daya manusia (SDM) konstruksi dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Konstruksi.

Saat ini, Syarif mengatakan Indonesia masih menghadapi tantangan terkait kondisi tenaga kerja konstruksi. Dari sekitar 8,14 juta tenaga kerja konstruksi, baru 5,96% yang bersertifikat atau sekitar 485.534 orang.

"Dengan kegiatan Konstruksi Indonesia, kami harapkan juga jadi ajang untuk bagaimana mempercepat sertifikasi SDM tenaga kerja konstruksi," kata Syarif saat membuka press conference Konstruksi Indonesia, Kamis (25/10/2018).

Konstruksi Indonesia 2018 akan menampilkan ribuan produk inovatif terhadap solusi bangunan dan konstruksi, mulai dari workshop/seminar konstruksi Indonesia dengan mengangkat tema-tema spesifik di bidang konstruksi.

Selain itu, juga akan dilakukan sertifikasi massal untuk 12.000 tenaga kerja konstruksi. Rencananya, penyerahan sertifikatnya akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada saat Pembukaan acara Konstruksi Indonesia 2018.

Acara ini akan diadakan berdampingan dengan Indonesia Infrastructure Week 2018, pameran infrastruktur terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Ketua Umum LPJKN Ruslan Rivai mengatakan selaku lembaga yang diberi tugas melaksanakan sertifikasi dan registrasi tenaga kerja konstruksi, pihaknya sangat mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas serta perkembangan industri konstruksi di Indonesia.

"Melalui Konstruksi Indonesia 2018 , selain sebagai wujud komitmen kami dalam mendukung program-program pemerintah terhadap pertumbuhan industri konstruksi di Indonesia, kami juga melaksanakan misi peningkatan dan pengembangan pengetahuan dan teknologi di bidang jasa konstruksi serta pengembangan SDM konstruksi Indonesia," tutur Ruslan.

Adapun, rencananya akan ada pertemuan antara pebisnis lokal dengan stakeholder dari luar negeri, misalnya Inggris, Australia, China, Jerman dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper