Aplikasi Kuliner Qraved Agregasi Kupon Promosi Restoran dan FMCG

Saat ini, terdapat 20 juta pengguna Qraved yang terhubung dengan 13.000 ritel modern, 40.000 gerai di enam kota.  
Duwi Setiya Ariyanti | 25 Oktober 2018 08:59 WIB
Aplikasi Qraved

Bisnis.com, JAKARTA — Qraved, aplikasi layanan kuliner, meluncurkan fitur baru melalui saluran khusus promosi dan rekomendasi guna menggaet lebih banyak pengguna.

CEO Qraved Steven Kim mengatakan untuk bisa bertahan, pihaknya akan meningkat fitur-fitur yang lebih lokal sehingga cocok dengan karakter pengguna di Indonesia. Saat ini, terdapat 20 juta pengguna Qraved yang terhubung dengan 13.000 ritel modern, 40.000 gerai di enam kota.  

Menurutnya, kupon promosi menjadi salah satu cara paling efektif untuk akuisisi pelanggan sekaligus mendorong pengguna mendatangi restoran tertentu. Di sisi lain, hal itu pun menjadi ceruk pasar bagi penyedia dompet digital untuk meningkatkan penetrasi begitu juga restoran agar lebih ramai pengunjung. 

Sebagai contoh, fasilitas dompet digital Ovo selama ini memang memiliki partner tersendiri untuk mendorong transaksi. Namun, kenyataannya, hal itu dirasa kurang karena transaksi hanya terjadi ketika terdapat promosi. 

Oleh karena itu, pihaknya mengumpulkan semua promosi dari mitra saluran pembayaran dan berbagai mitra restoran mulai dari kelas atas hingga kelas kaki lima. Melalui satu tombol di tampilan muka, pengguna bisa mendapat informasi tentang promosi yang sedang berlangsung dari berbagai penyedia dompet digital juga bank.

“Kami mengagregasi promosi dari pembayaran digital seperti Gopay, Ovo, TCash,” ujar Kim dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Selain itu, fitur baru yang diharapkan menjadi cara perusahaan mengerek pendapatan juga mengakuisisi pelanggan yakni fitur rekomendasi melalui akun resmi Qraved.

Dari akun itu, restoran, pelaku usaha di bidang fast-moving consumer goods (FMCG) dan pengiklan bisa menjangkau konsumen. Pasalnya, fitur itu menjadi ruang untuk promosi sehingga konsumen bisa mendapatkan promosi terbaru sesuai dengan selera. 

Hal yang juga diharapkan mampu mengakomodasi keragaman konsumen, pihaknya pun menyediakan rekomendasi produk yang disesuaikan dengan karakteristik setiap pengguna. Rekomendasi berupa artikel dan video dari para pembuat konten akan menjadi alat penggerak opini terhadap produk tertentu. 

Pihaknya membuka saluran yang lebih luas karena telah mendapatkan hasil dari konten-konten yang berisi kurasi restoran-restoran mitra Qraved. Utamanya, bila rekomendasi tersebut dihubungkan dengan informasi berbasis lokasi. Menurutnya, cara itu cukup efektif untuk bisa menggaet pengguna.

“Kalau bergabung dengan official account kami, akan dapat publikasi,” katanya. 

Pihaknya berencana agar tahun depan bisa menambah jumlah mitra pembayaran dari bank dan fitur baru yang lebih beragam. Sebagai contoh, dia menyebut untuk konsumen pria, mungkin akan ada fitur rekomendasi tempat untuk menonton pertandingan sepak bola. 

Kendati demikian, pihaknya tak akan merambah ke lini layanan lain seperti pariwisata dan tiket pesawat meskipun kuliner erat kaitannya dengan perjalanan. Kim menyebut pihaknya masih akan fokus melakukan akuisisi pelanggan bagi pengguna lokal daripada pelancong. 

 “Kami fokus ke lokal dulu yang menggunakan aplikasi setiap hari. Pelancong mungkin akan jadi sasaran berikutnya,” katanya.

Tag : StartUp
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top