ELEKTRIFIKASI, Menteri ESDM: 98% Rumah Tangga di Indonesia Sudah Tersambung Listrik Tahun Ini

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi target elektrifikasi tahun ini sudah melampaui target yang dicanangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).
Anitana Widya Puspa | 24 Oktober 2018 14:46 WIB
Petugas PLN - Bisnis.com/Denis

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi target elektrifikasi tahun ini sudah melampaui target yang dicanangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan bahwa saat ini 98% dari masyarakat di Tanah Air saat ini sudah menikmati layanan listrik. Target ini melebihi target yang sudah ditetapkan dalam RPJMN sebesar 97,5% rasio elektrifikasi hingga akhir 2018.

Menurut data yang dipaparkan rasio elektrifikasi dari 2015 sebesar 88,3% selanjutnya 2016 91,2%, 2017 sebesar 95,3%.Rasion elektrifikasi ini, sebut Jonan lebih penting daripada membahas jumlah pembangkit tistrik yang terbangun.

Meski telah melebihi target Jonan menyatakan masih tersisa 2% atau setara dengan 5,2 juta masyarakat Indonesia yang belum menikmati listrik. Untuk itu, Jonan mengatakan bahwa pemanfaatan energi baru terbarukan akan melengkapi rasio kelistrikan di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau.

"5,2 juta masyarakat Indonesia yang belum menikmati penerangan atau listrik itu sangat banyak, setara dengan seluruh populasi Negara Singapura. KaMi sangat berharap tahun depan seluruhnya akan dapat menikmati penerangan. Ini target mati-matian yang harus dicapai,”katanya dalam paparan Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) Rabu (24/10/2018).

Jonan melanjutkan, untuk daerah-daerah yang terisolir dan sulit dijangkau pemerintah akan menGgunakan energi baru terbarukan.

Tag : PLN
Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top