Menkominfo Nilai Indosat Ooredoo Sedang Persiapkan Sesuatu

Pergantian Direktur Utama Indosat Ooredoo dinilai mengindikasikan bahwa operator seluler tersebut sedang mempersiapkan sesuatu yang besar.
Newswire | 18 Oktober 2018 17:05 WIB
Ilustrasi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pergantian Direktur Utama Indosat Ooredoo dinilai mengindikasikan bahwa operator seluler tersebut sedang mempersiapkan sesuatu yang besar.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memandang bahwa Chris Kanter sebagai pengusaha senior rela ‘turun gunung’ menjadi profesional merupakan perubahan yang luar biasa.

“Saya cukup surprise dan harus ucapkan terima kasih. Meski sudah senior dalam artian pengalaman dan latar belakang, Pak Chris masih mau turun gunung menjadi profesional. Logikanya, dengan turun gunung itu, ada sesuatu yang dipersiapkan,” ujar Menkominfo.

Menurutnya, Indosat Ooredoo sedang mempersiapkan sesuatu yang besar. “Logikanya begini, Pak Chris Kanter pengusaha yang andal. Juga dia pernah di Kadin dan di mana-mana, senior lah di dunia bisnis di Indonesia. Kemudian menjadi profesional, itu kan suatu perubahan yang luar biasa. Artinya suatu perubahan besar sedang terjadi. Feeling saya, Indosat Ooredoo sedang mempersiapkan sesuatu. Indosat Ooredoo is cooking something,” ujarnya.

Menkominfo menilai, dewasa ini persaingan bisnis di industri seluler memang dipengaruhi oleh excessive competition.

 “Kompetisi yang menurut saya sudah tidak rasional. Kita dorong industri, tapi industrinya juga harus rasional. Artinya industri harus sehat, dan masyarakat juga mesti menikmati hasil kompetisi. 

Rudiantara menjelaskan, hal tersebut merespons pergantian dirut Indosat Ooredoo dari Joy Wahyudi yang mengundurkan diri ke Chris Kanter, Rabu (16/10). 

Dalam Rapat Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Indosat Ooredoo yang digelar pada Rabu, diputuskan Chris Kanter sebagai dirut baru Indosat Ooredoo. Sebelumnya, Chris Kanter tercatat sebagai komisaris Indosat sejak Januari 2015, dan sebagai komisaris independen sejak 2010. Chris merupakan pengusaha pendiri Sigma Sembada Group. 

Chirs Kanter yang lahir di Manado, 25 Juli 1952 sempat menjadi wakil ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) bidang investasi dan perhubungan.  

Dia juga pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada periode 1998-2002. Chris Kanter menggantikan Joy Wahjudi sebagai Direktur Utama Indosat, setelah Joy mengundurkan diri dari jabatan itu karena alasan pribadi.

Direktur Utama Indosat Ooredoo Chris Kanter akan membenahi sumber daya manusia (SDM) atau yang dia sebut faktor "people" sebagai langkah awal memimpin perusahaan tersebut.

"Prioritas nomor satu yang saya sampaikan ketika rapat pertama adalah SDM karena dari pilarnya saya belum yakin dengan tenaga kerjanya akan direncanakan seperti apa," kata Chris saat acara pisah-sambut Direktur Utama Indosat di Jakarta, Kamis.

Ketika pemimpin lain fokus dalam membereskan keuangan, ia mengaku SDM terlebih dahulu yang harus dibenahi. "Saya umumkan bukan dari keuangan, saya SDM-nya dulu untuk menunjukkan mesti mulai dari sini," katanya.

Terkait dengan langkah selanjutnya, Chris akan melihat kondisinya terlebih dahulu. Terdapat dua hal yang bisa dilakukan, yakni mempertahankan jumlah karyawan yang ada, namun akan digenjot dengan kinerja yang optimal atau merampingkan perusahaan dengan karyawan-karyawan yang dinilai berkualitas saja.

"Tadi analoginya adalah lemak, kalau memang banyak lemak, dia banyak cadangan energinya atau saya sedot lemak. Kalau  memang berlemak, saya akan bawa berlari Indosat," katanya.

 

Tag : indosat
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top