Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Aerocity, Angkasa Pura II Siapkan 200 Hektare di Kuala Namu

PT Angkasa Pura II (Persero) telah menyiapkan lahan di Bandara Kuala Namu yang sudah siap bangun untuk pengembangan aerocity mencapai 200 hektare.
Bisnis.com, JAKARTA--PT Angkasa Pura II (Persero) telah menyiapkan lahan di Bandara Kuala Namu yang sudah siap bangun untuk pengembangan aerocity mencapai 200 hektare.
Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin mengatakan total aera lahan yang menjadi masterplan di Kualanamu sebanyak 1.400 hektare. Lahan yang sudah dibangun menjadi bandara berkode KNO hanya 800 hektare, sehingga masih menyisakan 600 hektare.
"Kami menawarkan kepada pengelola bandara global untuk pengembangan aerocity. Sudah ada 200 hektare lahan yang statusnya sudah clean and clear," kata Awaluddin, Senin (15/10/2018).
Dia menambahkan konsep aerocity tersebut bisa dimanfaatkan investor untuk membangun pusat perawatan pesawat (maintenance repair overhaul/MRO), kompleks pergudangan, bangunan komersial, maupun hotel. Investor juga disarankan untuk menggandeng partner lokal.
Dia menyebutkan tujuan strategic partnership dengan investor asing untuk Bandara Kuala Namu adalah untuk mencapai peningkatan pergerakan baik penumpang maupun pesawat (expansion the traffic), pertukaran pengalaman (expertise sharing), dan equity partnership.
Selama ini, lanjutnya, pertumbuhan penumpang di KNO hanya antara 7%--10% per tahun yang merupakan besaran pertumbuhan secara alamiah. Selain itu, komposisi penumpang masih didominasi oleh rute domestik hingga 90%, padahal letak Kuala Namu sangat strategis dan berdekatan dengan Malaysia, Singapura, dan Thailand.
Dia ingin mengakselerasi pertumbuhan jumlah penumpang per tahun dan menambah komposisi rute penerbangan internasion menjadi 45%. Potensi rute penerbangan dari Kualanamu bisa mencapai kawasan Timur Tengah, Asia Timur, atau Asia Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hendra Wibawa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper