Telkomsel-Angkasa Pura II Kerjasama Digitalisasi Airport

Sarma Haratua Siregar
Jumat, 12 Oktober 2018 | 16:14 WIB
Petugas melintas di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta/Bisnis -Dwi Prasetya
Petugas melintas di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta/Bisnis -Dwi Prasetya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Telkomsel menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Angkasa Pura II untuk mengimplementasikan program Airport Community and Integrated Digital Airport di lingkungan bandara Angkasa Pura II.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, kerjasama Telkomsel dengan Angkasa Pura II bentuk komitmen Telkomsel untuk bersinergi dengan BUMN. Sinergi ini kami wujudkan dalam memberikan layanan produk telekomunikasi dan layanan pembayaran berbasis digital.

Bentuk layanan yang yang dibentuk melalui kerjasama tersebut meliputi layanan paket data dan e-payment system di lingkungan bandara Angkasa Pura II. Selain itu Telkomsel juga memberikan solusi layanan Telkomsel myBusiness Solution untuk mendorong terwujudnya integrated airport di bandara Angkasa Pura II.

“Teknologi Internet of Things (IoT) akan sangat membantu bisnis proses dalam segala bidang di lingkungan bandara. Kerjasama ini sejalan dengan misi kami untuk membangun ekosistem digital Indonesia dengan platform Device, Network dan Application (DNA),” ujar Ririek.

Digitalisasi layanan e-payment system dilakukan menggunakan TCASH dan e-parking. Layanan e-parking akan mulai diimplementasilkan pada sistem parkir sepeda motor. Untuk itu kami sangat senang dapat mendukung pengembangan smart airport ini,” lanjut Ririek.

Tahapan awal dari kerjasama ini antara lain penjualan paket data Telkomsel. Dalam seminggu ke depan akan dibangun booth Telkomsel di kawasan transit terpadu atau transit oriented development (TOD) di pintu M1 Bandara Soekarno Hatta.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, pengembangan bisnis ini menggunakan layanan Telkomsel di lingkungan bandara-bandara yang dikelola Angkasa Pura II. Kerjasama ini akan menjadi payung besar dalam fokus pengembangan bisnis digital airport dan airport community.

“Kami optimis kerjasama dengan Telkomsel akan memberikan pertumbuhan dan percepatan layanan di bandara,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper