Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alat Bongkar Muat Makassar New Port Mulai Berdatangan

Satu unit container crane telah tiba di Makassar New Port (MNP) sehingga calon pelabuhan hub di kawasan timur Indonesia itu siap diluncurkan akhir tahun.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA -- Satu unit container crane telah tiba di Makassar New Port (MNP) sehingga calon pelabuhan hub di kawasan timur Indonesia itu siap diluncurkan akhir tahun.

Kapal Dongbang Giant No 2 yang membawa alat bongkar muat kontainer itu dari Pelabuhan Incheon, Korea Selatan, sandar di dermaga MNP, Minggu (8/10/2018). Merapatnya kapal berukuran 11.391 gros ton itu sekaligus membuktikan dermaga mampu disandari kapal ukuran besar dan siap diluncurkan akhir tahun ini.

Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero) Farid Padang mengatakan perusahaan terus menggenjot pembangunan MNP agar segera rampung sesuai target yang ditetapkan. 

“Akhir tahun ini segera diresmikan,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (8/10/2018).

Menurut dia, pembangunan MNP secara teknis sudah selesai dan tinggal tahap finishing dan mendatangkan peralatan.

Hingga 5 Oktober, pembangunan MNP telah terealisasi 86%. Perkembangan pembangunan MNP Tahap IA telah mencapai 85,78%, yang terdiri atas paket A 98,38%, paket B 85,10%, dan paket C 68,84%.

Kegiatan paket A kini sampai pada penyelesaian upper structure dermaga. Sementara itu, realisasi paket B meliputi pekerjaan revetment, pengecoran saluran precast, dan pekerjaan perkerasan paving block. Adapun untuk paket C, kegiatan yang sudah terealisasi adalah pemasangan core breakwater, pemasangan toe protection breakwater, dan pemasangan main layer.

Pelindo IV juga mulai mengebut pekerjaan paket D mulai akhir Januari 18 yang realisasi fisiknya kini 7,7%, mencakup jalan akses, pemancangan, pembetonan, pemesanan rangka ,baja dan pemesanan material mekanikal/elektrikal.

Farid menjelaskan sistem dermaga yang diaplikasikan adalah secant pile dengan sistem boring yang bisa mengefisiensikan waktu dan biaya dengan kualitas yang lebih baik, yang penerapannya baru ada di Pelabuhan Liverpool, Inggris.

“Dermaga ini adalah dermaga modern yang terkoneksi dengan jaringan kereta api Trans Sulawesi dan akan dioperasikan terintegrasi dengan pusat logistik kawasan berikat,” katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper