Kaksus Sokong Prosa.ai, Perusahaan Teknologi Analisis Teks Bahasa Indonesia

Dhiany Nadya Utami
Selasa, 9 Oktober 2018 | 07:34 WIB
Ilustrasi/Kaskus.co.id
Ilustrasi/Kaskus.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kaskus mengumumkan investasi pada perusahaan teknologi yang memiliki spesialisasi dalam Natural Language Processors (NLP) khusus menggunakan bahasa Indonesia bernama Prosa.ai.

CEO Kaskus Edi Taslim melihat Prosa.ai memiki memiliki potensi dan kompetensi yang besar melalui layanannya untuk memberikan insight dan solusi bisnis bagi para klien. Mereka berharap investasi tersebut dapat membantu pengembangan Prosa.ai kedepannya.

“Karena itu, kami sangat senang bisa menjadi salah satu partner awal dalam pengembangan Prosa.ai melalui investasi ini,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (8/10/2018)

 CEO Prosa.ai Teguh Budiarto menyatakan investasi dari Kaskus akan mereka gunakan untuk mengembangkan layanan Prosa.ai.

 “Memiliki SDM lokal yang kompeten, kami yakin dapat menghadirkan teknologi Natural Language Processor (NLP) terdepan yang dapat memberikan solusi terhadap kebutuhan klien dan partner,” ucapnya.

 Prosa.ai sendiri berfokus pada jasa Text & Speech-based Processing Tools yang dibuat secara kustom sesuai dengan kebutuhan dari klien atau partner. Perusahaan yang berdiri sejak awal tahun 2018 ini jasa Prosa Text dan Prosa Speech.

Prosa Text merupakan Text Processing Tools yang bertujuan untuk meniru kemampuan manusia dalam menganalisis sebuah teks baik berupa dokumen panjang maupun teks percakapan. Teks bisa berasal dari tanggapan, komentar, survei, penerbitan dan lainnya yang bisa menjadi insight bagi bisnis klien atau partner ke depannya.

Dalam pengaplikasiannya, Prosa Text menyediakan jasa dalam bentuk API dan juga customized application. Beberapa di antaranya adalah identifikasi berita hoaks, ujaran kebencian, ekstraksi opini, klasifikasi jenis dokumen, ekstraksi informasi khusus, dan tools dasar NLP. 

Sementara Prosa Speech memungkinkan mesin untuk mengenali ucapan dalam bahasa Indonesia, sintesis ucapan, mengenali identitas pengucap, dan mengenali maksud serta emosi dari ucapan. 

Hal ini memungkinkan mesin untuk menerima masukan dan keluaran dalam bentuk ucapan, seperti pada Voice-Commands, chatbot yang dapat berbicara dan mendengar, Voice-ID biometrics, atau pada sistem media monitoring untuk menganalisis sentimen dan emosi pada ucapan.

Hingga saat ini beberapa klien dan partner yang sudah bekerja sama dengan Prosa.ai adalah Kumparan, Beritagar.id, Kaskus, GDP Labs, Kabayan Consulting, NoLimit, dan instansi-instansi pemerintah. 

Dalam waktu dekat Kaskus akan mengaplikasikan layanan Prosa Text guna menyaring berita – berita hoaks atau konten negatif di forum Kaskus, sehingga dapat menghadirkan konten – konten yang lebih positif kepada Kaskuser atau pengguna Kaskus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper