Telkom Dukung Rapat IMF-World Bank dengan Internet 40 Gbps

Akses internet cepat tersedia di lokasi-lokasi seperti Bali Nusa Dua Convention Center, Bali International Convention Center, Bali Nusa Dua Hotel, Bandara Ngurah Rai, dan Garuda Wishnu Kencana.
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 08 Oktober 2018  |  15:33 WIB
Telkom Dukung Rapat IMF-World Bank dengan Internet 40 Gbps
Anggota delegasi mengurus tanda pengenal untuk mengikuti Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Group 2018 di pusat registrasi di Hotel Nusa Dua Beach, Nusa Dua, Bali, Senin (8/10/2018). - ANTARA/Wisnu Widiantoro

Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. memastikan layanan teknologi informasi selama rapat tahunan International Monetary Fund (IMF)-World Bank yakni pada 8 Oktober hingga 14 Oktober di Bali. 

Direktur Enterprise Telkom Dian Rachmawan mengatakan pihaknya memastikan kualitas layanan teknologi informasi prima. Pihaknya pun telah menyiapkan infrastruktur karena 15.000 orang diperkirakan hadir dalam acara tersebut. 

Konferensi internasional itu melibatkan Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan dari 189 negara, perusahaan swasta, akademisi, organisasi nonpemerintah, serta pewarta.

Adapun, untuk mendukung penyelenggaraan acara itu, pihaknya menyediakan beberapa fasilitas. Perinciannya, Gateway Internet dengan kapasitas sampai dengan 40 Gbps. Gateway Internet itu juga dilengkapi dengan 1.170 titik akses Wi-Fi dan kabel LAN ke 2.740 titik. 

Kemudian, pihaknya telah menarik serat optik 180 core ke lokasi. Selain itu, pihaknya menyiagakan tim teknisi sebanyak 300 orang, 160 orang satuan tugas pengawalan, 110 orang ahli jaringan guna memastikan jaringan, dan trafik cukup prima. 

Dengan infrastruktur tersebut, akses internet cepat tersedia di lokasi-lokasi seperti Bali Nusa Dua Convention Center, Bali International Convention Center, Bali Nusa Dua Hotel, Bandara Ngurah Rai, dan Garuda Wishnu Kencana.

"Secara keseluruhan, total peserta yang akan hadir mencapai 15.000 orang, sehingga dibutuhkan layanan ICT yang handal dan always on," ujarnya dalam keterangan resminya, Senin (8/10/2018).

Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan mengatakan dari sisi layanan seluler, pihaknya menyiagakan total 2.500 base transceiver station (BTS) eksis yakni 1.500 BTS 3G juga 1.000 BTS 4G, 211 BTS 4G baru, dan sembilan unit BTS bergerak. 

Selain jaringan, pihaknya menyiapkan ribuan kartu perdana Tourist Wonderful Indonesia seharga Rp100.000 yang bisa didapatkan di 62 gerai. Dari sisi dompet digital, dia menyebut TCash juga bisa dimanfaatkan selama acara berlangsung. Promosi seperti diskon hinggga 30% ditawarkan untuk transaksi produk-produk lokal dari 170 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). 

"Sementara untuk meningkatkan coverage, capacity, dan capability di lokasi sidang berlangsung, tidak kurang dari 211 BTS 4G baru telah dibangun di wilayah Bali dan sekitarnya. Telkomsel juga menyediakan sembilan unit Combat (Mobile BTS), dan menyiapkan pusat pengendali operasi layanan di Nusa Dua dan Command Center di Denpasar dan Jakarta,” kata Bob.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
telkom, annual meetings IMF-World Bank

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top