Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian ESDM & Pemda Bali Teken MoU Pengembangan & Pemanfaatan Energi Terbarukan

Kementerian ESDM melalui BPSDM ESDM bersama PT Pertamina, PT PLN JTBN, dan PT Indonesia Power menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Daerah Bali, pada Jumat (5/10).
 Pembangkit listrik tenaga bayu./Istimewa
Pembangkit listrik tenaga bayu./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian ESDM melalui BPSDM ESDM bersama PT Pertamina, PT PLN JTBN, dan PT Indonesia Power menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Daerah Bali, pada Jumat (5/10).

Nota Kesepahaman tersebut berisi mengenai komitmen Pemerintah Bali dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi berbasis energi bersih untuk mewujudkan program Bali bersih, hijau, dan indah.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan menuturkan, penggunaan energi baru terbarukan (EBT) di Bali sangat sesuai dan baik untuk lingkungan. Sebagai daerah pariwisata, Bali sudah seharusnya mengembangkan energi yang ramah lingkungan agar turis nyaman dengan udara bersih.

"Tidak ada daerah pariwisata di dunia yang tidak menggunakan energi baru terbarukan. Karena harus menjaga kualitas udara," kata Jonan saat menjadi pembicara di Universitas Udayana (UNUD) dengan tema "Energi Berkeadilan," sesaat setelah pendatanganan Nota Kesepahaman, dikutip dari laman resmi Kementerian ESDM, Minggu (7/10/2018).

Jonan juga menjelaskan, pengunaan energi matahari dan angin juga sangat murah. Ia berharap Provinsi Bali bisa mengunakan energi matahari dan angin untuk pembangunan daerah di Bali. Selain itu, dia berharap ada inovasi-inovasi lain dari masyarakat yang ikut mendukung pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Sementara itu, dalam kunjungannya di Universitas Udayana tersebut, Jonan juga menyempatkan menjajal sepeda listrik yang pembuatannya difasilitasi oleh PT. Pertamina (Persero).

"Ini idenya (membuat sepeda listrik) keren. Harus mulai dipikirkan produksinya secara masal agar lebih ekonomis," ujar Jonan.

Lebih lanjut, Jonan mengungkapkan kehadiran sepeda listrik menjadi bukti inisiasi masyarakat dalam menciptakan energi bersih di Provinsi Bali. Apalagi Bali merupakan salah satu provinsi percontohan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia.

Usai menjajal sepeda listrik, Jonan pun langsung menunjukkan ketertarikanya untuk membeli sepeda listrik. "Saya beli satu ya, saya bawa pulang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper