PLN Berhasil Perbaiki Tujuh GI di Palu, Sigi dan Donggala

PLN berhasil memperbaiki tujuh Gardu Induk (GI) yang ada di Palu, Sigi, dan Donggala, yakni GI Talise, GI Sidera, GI Silae, GI Poso, GI Pamona, GI Pasangkayu, dan GI Parigi.
Denis Riantiza Meilanova | 07 Oktober 2018 10:04 WIB
Pengujian trafo Gardu Induk (GI) Parigi dengan daya 60 MVA untuk guna memastikan kesiapan GI tersebut dalam memasok energi listrik ke jaringan. - Dok. PLN

Bisnis.com, JAKARTA -- PLN berhasil memperbaiki tujuh Gardu Induk (GI) yang ada di Palu, Sigi, dan Donggala, yakni GI Talise, GI Sidera, GI Silae, GI Poso, GI Pamona, GI Pasangkayu, dan GI Parigi.

"Alhamdulillah, Sabtu (6/10/ 2018), sebelum adzan subuh berkumandang tim gabungan PLN berhasil menyalakan sebagian listrik di Donggala", ujar Direktur Bisnis Regional Sulawesi PLN Syamsul Huda dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (7/10).

Pascagempa yang menimpa Palu dan Donggala pada Jumat (28/9), PLN telah mengoperasikan 36 genset yang tersebar di beberapa titik di Donggala guna memulihkan sementara sistem kelistrikan di sana.

Dia menerangkan listrik di Donggala disuplai dari GI Pasangkayu. 

"Hal ini menjadi titik terang untuk kembali menerangi Donggala. Saat ini, kami juga fokus untuk secara bertahap dapat memperbaiki seluruh infrastruktur kelistrikan di Donggala dikarenakan medan yang dilalui juga cukup berat," terang Huda.

Masyarakat Donggala pun membenarkan listrik sudah menyala. Kepala Pengadilan Negeri Donggala Djainuddin Karanggusi mengungkapkan sejak semalam listrik di daerahnya sudah kembali hidup.

"Terima kasih PLN yang telah berjuang memulihkan listrik di Palu dan Donggala," ucapnya.

Saat ini, tim gabungan PLN telah berhasil memulihkan seluruh GI sehingga dapat beroperasi 100%. Di sisi lain, 35 dari 45 penyulang di Palu juga telah beroperasi sehingga berpotensi mendongkrak beban puncak pemakaian listri di kota itu.

Sementara itu, sebagian listrik di Sigi juga telah berhasil dinyalakan oleh tim gabungan PLN.

Tag : PLN, Gempa Palu
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top