Gempa Palu & Donggala: Lintasarta Pulihkan Jaringan Telekomunikasi

PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) secara bertahap telah memulihkan jaringan yang sempat terganggu akibat gempa bumi dan tsunami di wilayah Palu, Donggala dan sekitarnya beberapa hari lalu.
Sholahuddin Al Ayyubi | 03 Oktober 2018 22:57 WIB
Warga berkomunikasi dengan sanak saudaranya yang menjadi korban gempa dan tsunami di Hotel Roa Roa, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018). - ANTARA/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA — PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) secara bertahap telah memulihkan jaringan yang sempat terganggu akibat gempa bumi dan tsunami di wilayah Palu, Donggala dan sekitarnya beberapa hari lalu.

Senior Manager Sulampua Area Lintasarta, Baginda P.S mengungkapkan sejak Senin 1 Oktober 2018, Lintasarta telah memulihkan jaringan penerbangan pada Bandar Udara (Bandara) Mutiara SIS Al-Jufrie. Selain itu menurutnya, jaringan layanan perbankan dan Internet juga sudah bisa beroperasi kembali.

"Lintasarta bersama Kemkominfo melalui Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi [BAKTI] juga telah memberikan layanan internet menggunakan antena penerima sinyal dari satelit [VSAT] di dua lokasi yaitu Posko Utama, Korem 132 Tadulaku, dan Rumah Dinas Gubernur Sulawesi Tengah," tuturnya, Rabu (3/10/2018).

Menurutnya, Lintasarta tengah fokus memulihkan jaringan di beberapa titik yaitu sentral Masomba, Palu Barat, dua posko utama dan bandara. Dia menilai kendala untuk memulihkan jaringan di lokasi tersebut yaitu karena listrik yang masih dalam dan bahan bakar solar yang terbatas.

"Perbaikan layanan itu diharapkan dapat membantu rekan-rekan media dan pihak-pihak yang berada di Posko Bencana sebagai sarana komunikasi," katanya.

Tag : gempa, lintasarta, Gempa Palu
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top