Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Palu : Percepat Pemulihan Listirk, PLN Tambah Personel

PT PLN (Persero) akan menambah personil untuk proses percepatan perbaikan kelistrikan, baik di Palu maupun Donggala yang lumpuh akibat gempa pekan lalu.
Petugas PLN/Bisnis.com-Denis
Petugas PLN/Bisnis.com-Denis

Bisnis.com, JAKARTA--PT PLN (Persero) akan menambah personil untuk proses percepatan perbaikan kelistrikan, baik di Palu maupun Donggala yang lumpuh akibat gempa pekan lalu.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan, sebanyak 250 orang personil tim gabungan kembali didatangkan dengan spesifikasi pembangkitan, transmisi dan distribusi.

Selain itu, material-material yang dibutuhkan untuk perbaikan juga didatangkan baik di Palu maupun Donggala.

Untuk hari ini perbaikan dikhususkan pada penyulang yang mensuplai fasilitas-fasilitas umum.

“Hari ini PLN mengupayakan perbaikan di sisi jaringan distribusi di 7 penyulang yang menyuplai daerah Kota Palu hingga bandara. Untuk memaksimalkan proses perbaikan tersebut kami telah menyebar 250 orang yang dibagi dalam regu di titik-titik yang terdampak gempa”, ujar Sofyan melalui siaran pers, Senin (1/10/2018).

Selain recovery untuk Palu, PLN juga sedang memobilisasi 7 genset ke Donggala dan Sigi untuk memberikan penerangan di sejumlah titik terutama tempat-tempat pengungsian dan Rumah Sakit.

Namun saat ini PLN mengalami kendala, yaitu keterbatasan BBM untuk PLTD Sabang dan PLTD Silae 45 ton per hari. Khusus untuk PLTD Sabang, PLN mengupayakan tambahan pasokan BBM dari Toli-toli.

“Kami mengupayakan sore hari ini sebagian pelanggan PLN di Kota Palu sudah dapat kembali merasakan hadirnya listrik, Sehingga diharapkan pada malam hari ini lebih banyak lagi pelanggan yang dapat dinyalakan”, kata Sofyan.

Berdasarkan data dari Kementerian ESDM sampai dengan hari ini pukul 14.00 WIB, daya mampu pasokan listrik di Palu sebesar 96,3 megawatt (MW). Sebelum gempa pasokan daya mampu bisa mencapai 156,21 MW.

Daya sebesar 96,3 MW itu dipasok dari PLTA Poso sebesar 95 MW dan PLTD Silae sebesar 1,3 MW. Sebanyak 3 unit PLTD Silae dengan daya mampu 3,9-4,1 MW masih standby beroperasi menunggu kesiapan saluran udara tegangan menengah (SUTM).

Adapun saat ini 5 unit dari 7 unit gardu induk masih padam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper