Shopee Klaim Ikut Dukung Pengembangan 1.600 Pelaku UMKM

Dukung tercapainya 8 juta pelaku UMKM go online di marketplace, Shopee mengklaim telah menyumbang 1,6 juta mitra usaha
M. Richard | 30 September 2018 08:27 WIB
Chris Feng, bos Shopee - Twitter.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Dukung tercapainya 8 juta pelaku UMKM go online di marketplace, Shopee mengklaim telah menyumbang 1,6 juta mitra usaha.

Head of Government Relations Shopee Radityo Triatmodjo mengatakan pihaknya bekerja sama instansi pemerintahan untuk meningkatakan daya saing UMKM melalui  pemberian fasilitas berjualan di marketplace.

"Jumlah seller yang ada di Shopee Inonesia saat ini ada sekitar 2 juta dan lebih dari 80% diantaranya merupakan UMKM asli Indonesia yang mengacu kepada top kategori penjual di Shopee," katanya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.

Bahkan, di samping jumlah penjual, Shopee memberikan pendampingan dan bimbingan gratis kepada 30.000 pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

"Ditahun 2018, Shopee telah menjangkau lebih banyak penjual lokal di 35 kota di Indonesia untuk turut berkembang dan kami berkomitmen untuk secara rutin mengedukasi komunitas kami melalui kegiatan offline maupun online," tambhanya.

Adapun, program-program yang dilakukan adalah Kreasi Nusantara, Kampus Shopee, dan Shopee Campus Competition.

Hanya saja Radityo mengatakan, sosialisasi kepada pelaku UMKM untuk masuk ke marketplace tergolong cukup sulit. Pasalnya, struktur geografis Indomesia yang terdiri dari pulau-pulau membuat komunikasi menjadi sulit dan tidak semua pelaku usaha dapat diyakinkan hanya melalui pernyataan dalam surat elektronik.

Tag : shopee
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top