GEMPA PALU-DONGGALA: Layanan Komunikasi Seluler Berangsur Pulih, Internet Kabel Masih Terdampak

Layanan komunikasi di Kota Palu, Donggala untuk seluler berangsur pulih sementara internet kabel masih belum bisa beroperasi akibat terputusnya pasokan listrik.
Duwi Setiya Ariyanti | 29 September 2018 18:43 WIB
Sejumlah kerusakan akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (29/9). - ANTARA FOTO/BNPB/pras

Bisnis.com, JAKARTA - Layanan komunikasi di Kota Palu, Donggala untuk seluler berangsur pulih sementara internet kabel masih belum bisa beroperasi akibat terputusnya pasokan listrik. 

Dalam keterangan resminya, Sabtu (29/9/2018), Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan mengatakan akibat gempa berkekuatan 7,7 SR itu layanan Indihome belum berjalan akibat kendala pasokan listrik. 

Sementara itu, layanan SMS dan telepon suara berangsur pulih di lokasi strategis Kota Palu seperti kantor pemerintahan. Kemudian, Toli-toli, Poso dan Luwuk sudah mulai terjangkau jaringan 4G. 

"Pelanggan IndiHome yang menggunakan jaringan fiber optik masih terkendala catuan listrik di jaringan aksesnya menuju pelanggan," ujarnya.

Untuk membantu, pihaknya mengaktifkan layanan akses gratis wifi di sekitar Kantor Telkom Donggala. Dengan begitu, masyarakat bisa mendapat akses internet. 

Pihajnya juga mengaktifkan sistem komunikasi satelit melalui anak usahanya Telkomsat. Adapun, pengiriman Satellite News Gathering (SNG) dari Makassar ke Palu sedang berjalan.

"Telkom juga telah mengaktifkan akses free wifi di area kantor Telkom Donggala yang diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin menggunakan layanan internet," katanya.

 

Tag : gempa, telkom, Gempa Palu
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top