Jasa Marga: Pelaksanaan Integrasi JORR Belum Ditentukan

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyatakan waktu pelaksanaan integrasi tarif di jalan tol lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) belum diresmikan.
Rivki Maulana | 21 September 2018 15:19 WIB
Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyatakan waktu pelaksanaan integrasi tarif di jalan tol lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) belum diresmikan.

AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan perseroan bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lain masih melakukan koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pernyataan ini sekaligus merupakan tanggapan atas beredarnya infografis yang mencantumkan integrasi JORR dimulai Sabtu (22/9/2018).

Dia menekankan tanggal yang tercantum dalam infografis tersebut bukanlah tanggal resmi integrasi JORR. Heru menerangkan berdasarkan pembahasan intens antara Kementerian PUPR dan BUJT pengelola ruas tol JORR, integrasi JORR akan dilakukan paling lambat akhir September 2018.

Sebelumnya, beredar infografis yang menyatakan integrasi tersebut dimulai esok

"Meskipun demikian, kepastian terhadap tanggal pemberlakuan akan ditetapkan oleh Menteri PUPR dan jika telah memperoleh tanggal kepastian tersebut, akan kami informasikan kepada masyarakat," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (21/9).

Sebagaimana diketahui, integrasi tarif JORR membuat pengguna kendaraan cukup melakukan transaksi di satu pintu gerbang. Integrasi akan mencakup jalan tol sepanjang 76 kilometer (km), mulai dari Penjaringan hingga Akses Tanjung Priok (ATP).

Namun, tidak seluruh ruas tarifnya akan dipadukan. Ruas tol jarak pendek Ulujami-Pondok Aren via Bintaro Viaduct arah ke luar Jakarta saja tidak termasuk dalam ruas yang akan diintegrasikan.

JORR terbantang mulai dari Seksi W1 (SS Penjaringan-Kebon Jeruk), Seksi W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami), dan Seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang). Selanjutnya, Seksi S (Pondok Pinang-Taman Mini), Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir), Seksi E2 (Cikunir-Cakung), dan Seksi E3 (Cakung-Rorotan).

Ruas berlanjut ke Jalan Tol Akses Tanjung Priok Seksi E-1, E-2, E-2A, NS (Rorotan-Kebon Bawang), dan Jalan Tol Ulujami-Pondok Aren.

Rencana integrasi tarif JORR, dalam catataan Bisnis.com, sempat mengalami beberapa kali penundaan. Semula, integrasi tarif akan dilakukan pada 20 Juni 2018 tapi kemudian molor menjadi 1 Juli 2018.

Rencana ini pun kembali ditunda karena Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games 2018 pada 18 Agustus-2 September.

Pada pekan lalu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sempat menyampaikan integrasi JORR akan berlaku satu pekan setelah masa sosialisasi.

"Kami mungkin sepekan sosialisasi. Sepekan setelahnya baru dilakukan. Saya harus mengubah aturan yang kemarin dulu, tetapi perkiraannya begitu. Bisa bulan ini," jelasnya.

Tag : jasa marga, tarif tol
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top