Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebih dari 90% Masyarakat Belanja Online Melalui Perangkat Mobile

Dari hasil tersebut terungkap bahwa lebih dari 92,79% masyarakat Indonesia menggunakan perangkat mobile untuk mengakses platform e-commerce.
Ecommerce/alleywatch.com
Ecommerce/alleywatch.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Perangkat mobile memainkan peranan penting dalam kesuksesan festival belanja online, Festival 9.9 Super Shopping Day. Hal itu seiring dengan banyaknya pembelian yang melakukan pemesanan melalui perangkat mobile.

Demikian hasil data terbaru yang didukung oleh survei dari Katadata Insight Center (KIC), Indonesia E-commerce Mapping 2018. Dari hasil tersebut terungkap bahwa lebih dari 92,79% masyarakat Indonesia menggunakan perangkat mobile untuk mengakses platform dagang-el.

Metta Dharmasaputra, CEO Katadata mengatakan selama beberapa tahun terakhir, industri e-commerce tumbuh dengan signifikan di Indonesia. Hal ini yang mendasari Katadata Insight Center (KIC) melakukan survei “Indonesia e-commerce Mapping 2018” untuk menganalisis gambaran industri e-commerce di Indonesia secara keseluruhan, termasuk saat berlangsungnya festival belanja online besar-besaran seperti Festival 9.9 Super Shopping Day ini.

Menurutnya, salah satu fakta menarik yang ditemukan dalam industri e-commerce ialah kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk lokal semakin meningkat. Hal ini terlihat dari tingginya angka permintaan masyarakat terhadap produk lokal yaitu sekitar 69,94%.

“Sejalan dengan hal ini, para pelaku e-commerce menunjukkan dukungannya yang luar biasa dengan menyediakan 72,59% produk lokal selama Festival 9.9 Super Shopping Day,” ujarnya dalam rilis yang diterima Bisnis, Rabu (19/9/2018).

Selain itu, survei "Indonesia e-commerce Mapping 2018" juga menemukan beberapa fakta menarik seputar Festival 9.9 Super Shopping Day, antara lain:

  1. Pengguna e-commerce terbanyak tersebar di Jawa (75,77%), Sumatra (13,51%), Sulawesi (3,99%), Kalimantan (3,77%), Bali dan Nusa Tenggara (2, 55%)
  2. Gratis ongkos kirim (30,53%) menjadi faktor pendorong utama minat belanja online di Indonesia.
  3. Transfer ATM (31%) merupakan metode pembayaran terfavorit untuk transaksi di platform e-commerce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper