Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub: Proyek Infrastruktur Strategis Tak Terganggu Gejolak Rupiah

Kementerian Perhubungan memastikan proyek infrastruktur tetap akan berjalan sebagaimana mestinya, kendati nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar AS.
Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat./Bisnis.com
Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan memastikan proyek infrastruktur tetap akan berjalan sebagaimana mestinya, kendati nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar AS.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan Proyek Strategis Nasional (PSN) seperti Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat, akan terus berjalan sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

"Presiden menyatakan Proyek Strategis Nasional tidak ada yang disetop, jalan terus. Jadi [proyek infrastruktur] kita tidak ada [yang berhenti]," kata Menhub Budi.

Pada saat rapat bersama Presiden beberapa waktu lalu, Budi menyatakan bahwa proyek seperti Pelabuhan Patimban yang tengah dibangun akan membawa suatu manfaat yang besar bagi konektivitas laut di Tanah Air.

Adapun yang akan dilakukan Kemenhub guna mengamankan neraca pembayaran, terutama pada defisit transaksi berjalan adalah penggunaan lokal konten/tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) pada sejumlah proyek infastruktur.

Sebelumnya, pemerintah berusaha mengamankan defisit transaksi berjalan yang mencapai 3% dari Produk Domestik Bruto (PDB) pada kuartal II/2018. Defisit itu melebar dibandingkan kuartal I/2018 sebesar 2,2%.

"sampai saat ini tidak ada penundaan proyek infrastruktur, tetapi yang dipesan Pak Presiden adalah penggunaan lokal konten, harganya mesti efisien dan pemain-pemain lokal harus dilibatkan," lanjut Menhub Budi.

Adapun berdasarkan catatan Bisnis, terdapat 41 PSN di Kemenhub. Dari 41 proyek tersebut, 23 di antaranya berada di Ditjen Perkeretaapian, 10 di Ditjen Perhubungan Laut, dan delapan proyek di Ditjen Perhubungan Udara.

Sementara Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution sebelumnya menyatakan Pemerintah akan menunda sejumlah proyek infrastruktur sebagai langkah untuk menekan laju impor yang diharapkan dapat membuat nilai tukar rupiah kembali stabil.

Menurutnya, proyek itu termasuk ke dalam PSN, kendati di sisi lain dia tidak menyebut secara rinci proyek apa saja yang akan ditunda tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper