GEMPA LOMBOK: PLN Fokus Penormalan Sistem

GEMPA LOMBOK: PLN Fokus Penormalan Sistem
Denis Riantiza Meilanova | 21 Agustus 2018 01:30 WIB
Petugas PLN - Bisnis.com/Denis

Bisnis.com, JAKARTA--Gempa berskala 7.0 SR yang kembali mengguncang Lombok pada Minggu (19/8/2018) dan disusul beberapa kali gempa susulan dengan skala > 5 SR, berdampak signifikan dan menyebabkan sistem kelistrikan Lombok padam.

Gempa juga dirasakan di Pulau Sumbawa. Sistem kelistrikan Sumbawa mengalami pemadaman sebesar 17% dari total keseluruhan. Beberapa daerah di Sumbawa yang harus dipadamkan antara lain, seluruh wilayah Alas, sebagian Taliwang, yaitu di daerah pelabuhan Poto Tano.

"Efek dari gempa kali ini juga berdampak pada sistem kelistrikan Lombok. Beberapa pembangkit harus kami lakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya. Untuk penormalan jaringan, seluruh petugas PLN kami kerahkan supaya listrik segera menyala di rumah masyarakat," ujar Rudi Purnomoloka, General Manager PLN Wilayah NTB, melalui keterangan tertulisnya, Senin (20/8/2018).

Proses pemulihan sistem hingga pukul 10.30 WITA mencapai 86% dari total sistem kelistrikan Lombok. Beberapa daerah yang sudah menyala antara lain, Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Utara, sebagian Kabupaten Lombok Timur dan sebagian Kabupaten Lombok Tengah.

Untuk sistem Sumbawa, pasokan listrik berangsur pulih untuk beberapa daerah di Taliwang Kota, Utan, Gontar, dan lain-lain

"Kami mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat NTB supaya proses pemulihan dapat berjalan lancar. Segera laporkan apabila ada kondisi yang berbahaya bagi masyarakat sekitar," kata Rudi.

Tag : PLN
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top