3 Bus Air Siap Angkut Peserta Asian Games Lintasi Sungai Musi

Tiga unit bus air dari total 5 unit yang dihibahkan Kementerian Perhubungan kepada Pemprov Sumatra Selatan disiapkan untuk mengangkut atlet dan official peserta Asian Games 2018.
Sri Mas Sari | 19 Agustus 2018 19:49 WIB
Ilustrasi: Bus air di Pekanbaru - pekanbaru.co

Bisnis.com, JAKARTA -- Tiga unit bus air dari total 5 unit yang dihibahkan Kementerian Perhubungan kepada Pemprov Sumatra Selatan disiapkan untuk mengangkut atlet dan official peserta Asian Games 2018.

Dua unit di antaranya diawaki petugas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Palembang Ditjen Perhubungan Laut, sedangkan 1 unit diawaki petugas Distrik Navigasi Kelas I Palembang.

Kepala Kantor KSOP Kelas II Palembang Mugen Sartoto menjelaskan Pemprov Sumsel telah meminta bantuan KSOP Kelas II Palembang untuk membantu pengawakan bus air dan langsung ditindaklanjuti oleh KSOP Kelas II Palembang dengan mengirimkan petugasnya.

"Petugas KSOP Palembang menjadi awak Bus Air di Sungai Musi dengan rute Benteng Kuto Besak sampai ke Pulau Kemarao, dimulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB selama berlangsungnya penyelenggaraan Asian Games ini," kata Mugen dalam siaran pers, Minggu (19/8/2018).

Bus air tersebut siaga di Plaza Benteng Kuto Besak Palembang untuk melayani para tamu Asian Games yang ingin berwisata. Penumpang tidak dipungut biaya alias gratis.

KSOP Kelas II Palembang juga memastikan setiap penumpang bus air harus menggunakan pelampung (life jacket). Jumlah penumpang pun harus sesuai kapasitas bus air. Satu unit bus air berkapasitas 20 orang dengan kecepatan 21 knot dan daya mesin 500 PK.

Petugas KSOP Kelas II Palembang dengan kapal patrolinya terus mengawasi dan mengamankan alur pelayaran di sepanjang Sungai Musi yang digunakan bus air dan perlombaan Asian Games.

KSOP Kelas II Palembang juga telah menyiagakan 2 unit kapal patroli KNP. 327 dan KNP. 422 untuk pengamanan alur pelayaran di Sungai Musi selama perhelatan Asian Games.

Tag : Asian Games 2018, kemenhub
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top