Telkomsel: Banyak Pelanggan yang Belum Pakai Jaringan 4G

Duwi Setiya Ariyanti
Sabtu, 11 Agustus 2018 | 10:33 WIB
Ilustrasi 4G
Ilustrasi 4G
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Telkomsel mengeluhkan pelanggan yang belum menggunakan jaringan 4G kendati dari sisi peranti sudah memadai. 

Direktur Jaringan Telkomsel Bob Apriawan mengatakan meskipun jaringan 4G terus digencarkan, tapi belum diikuti jumlah nomor di jaringan 4G.

Dikutip dari laporan keuangan perseroan semester I/2018, total pengguna data tercatat sebanyak 134,6 juta. Dari jumlah itu, sekitar 60%-70% di antaranya merupakan nomor pengguna 4G atau setara dengan 80,7 juta-94,2 juta nomor. 

"[Jumlah pelanggan] Data kan kurang lebih 100 juta, maka [jumlah pelanggan] 4G-nya 60%-70%," sebutnya di Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Di sisi lain, dalam periode yang sama tercatat ada tambahan sekitar 45.000 Base Transceiver Station (BTS). Dengan demikian, total BTS yang beroperasi menjadi 175.683 BTS, di mana 125.368 di antaranya merupakan BTS 3G/4G.
 
Menurut Bob, masih banyak pelanggan yang menggunakan ponsel pintar 4G tapi belum mengganti kartu SIM-nya. Padahal, dengan jaringan yang semakin rapat, konsumsi energi saat menggunakan jaringan 4G akan lebih hemat. 
 
Alasannya, energi untuk menjangkau jaringan terdekat sudah berkurang sehingga mengurangi konsumsi baterai ponsel. Pihaknya pun berupaya mendorong agar pelanggan menggunakan jaringan 4G melalui edukasi.

Jaringan 4G, lanjutnya, menawarkan kecepatan internet lebih tinggi dari yang telah ditawarkan pada jaringan 3G. 
 
Sepanjang semester I/2018,  jumlah pengguna data di jaringan menunjukkan peningkatan dengan rasio komposisi pengguna data terhadap total jumlah nomor sebesar 63%.

Angka ini lebih tinggi bila dibandingkan dengan jumlah pengguna data terhadap jumlah total nomor beredar pada semester I/2017 yang masih 56%. 

Naiknya jumlah pengguna data di jaringan mengakibatkan pertumbuhan trafik data sebesar 134,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu menjadi 1.943 PB. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper