Ada Bus Otonom Hingga Permainan Sepak Bola Masa Depan di Pusat 5G Telkomsel

Duwi Setiya Ariyanti
Jumat, 10 Agustus 2018 | 12:45 WIB
Ilustrasi teknologi 5G./Istimewa
Ilustrasi teknologi 5G./Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Bus otonom hingga permainan sepak bola di masa depan ditampilkan di Pusat 5G Telkomsel, Arena Gelora Bung Karno, Jakarta. 
 
Sebelum diresmikan pada Sabtu (18/8/2018), Telkomsel menampilkan sejumlah fitur 5G melalui Pusat 5G di Arena Gelora Bung Karno kepada media. Pusat 5G Telkomsel tersebut berada di ruang khusus dekat Pintu 2 Gelora Bung Karno. 
 
Di sana, terdapat beberapa fitur yang memberikan gambaran bagaimana teknologi 5G bisa diaplikasikan seperti fitur Augmented Reality/Virtual Reality (AR/VR) melalui mobil mini, sepeda, hingga permainan sepakbola. 
 
Selain itu, terdapat 15 tablet yang dipesan khusus karena sudah bisa mengadopsi teknologi 5G. Terakhir, terdapat bus otonom dengan kapasitas hingga 12 orang.
 
Direktur Perencanaan dan Transformasi Telkomsel Edward Ying mengatakan pihaknya ingin menonjolkan pengalaman konsumen pada uji coba 5G ini. Pihaknya telah mengeluarkan sekira US$1 juta untuk menyediakan pusat 5G itu.
 
Menurutnya, kecepatan internet di sekitar Gelora Bung Karno bisa menyentuh 16 Gbps atau melampaui kecepatan internet yang bisa dicapai melalui 4G yang maksimum mencapai 1 Gbps. 
 
"Kami menghabiskan lebih dari US$1 juta, melibatkan Huawei, Korean Telecom," ujar Edward, Jumat (10/8).
 
Dia menyebut kecepatan internet di kota besar dengan kepadatan tinggi sudah mencapai 4,9G, yang terlihat dari kemampuan penyediaan layanan data lebih baik di area padat dan kecepatan lebih tinggi. 
 
Namun, untuk pemasangan 5G, dibutuhkan infrastruktur tambahan mulai dari base station berbasis MIMO hingga peranti yang mendukung 5G. Pasalnya, dibutuhkan jaringan yang kuat untuk mengatasi kepadatan peranti dan mengatasi waktu tunda seiring dengan banyaknya peranti seluler dan berbagai mesin yang bakal terhubung. 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengungkapkan disediakan fitur time slicing secara khusus di arena Bulutangkis dan Golf . Melalui fitur ini, penonton bisa merasakan pertandingan seperti berada di tengah lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper