Hotel Bintang Tiga Dominasi Pasokan Penginapan di Jakarta

Colliers International Indonesia mencatat tidak ada hotel baru beroperasi pada semester II/2018. Namun, hingga 2020 di Jakarta, pasokan hotel terbanyak akan berasal dari kelas bintang 3.
Anitana Widya Puspa | 07 Agustus 2018 20:11 WIB
Resepsionis hotel sedang melayani calon konsumen. - Ilustrasi/Bisnis/Amri Nur Rahmat

Bisnis.com, JAKARTA—Colliers International Indonesia mencatat tidak ada hotel baru beroperasi pada semester II/2018. Namun, hingga 2020 di Jakarta, pasokan hotel terbanyak akan berasal dari kelas  bintang 3.

Senior Associate Director Colliers International Indonesia, Ferry Salanto mengatakan sebanyak 38% total pasokan hingga 2020 mendatang didominasi oleh bintang 3 yang mayoritas dioperasikan oleh non-hoteloperator (independent operator)  atau sebesar 44%.

Masing-masing pada 2018 akan ada 804 kamar hotel kelas tiga serta 492 kamar kelas 3 pada 2019. Hingga akhir ini pun diprediksikan ada penambahan 2,064 kamar, disusul pada 2019 sebanyak 1,842 kamar, dan 548 kamar pada 2020.

Maraknya pasokan hotel kelas bintang 3 tidak lepas dari karakteristik hotel Jakarta sebagai hotel bisnis. yang lebih mementingkan fasilitas MICE dengan tamu pemerintah dan perusahaan. Kondisi itu pun sudah dipenuhi oleh hotel kelas bintang tiga.

“Banyak pemilik hotel (terutama bintang 3) yang tidak mau terikat dengan hotel operator karena adasharing revenue dan banyak pemilik yang memiliki pengalaman dalam mengelola hotel,” katanya dari riset tertulis yang dikutip Selasa (7/8/2018).

Sejumlah pengembang besar memang memilki manajemen pengelolaan hotel sendiri tanpa harus menggandeng operator internasional. Misalnya saja Metropolitan group yang memiliki sister company Metropolitan Golden manajemen.

Tommy Budhi Santoso Vice President SME& Recovery Business Metropolitan Golden Management mengatakan mengelola hotel secara internal dengan label horizon. Dia mengatakan sejumlah hotel yang dibangun PT Metropolitan Land Tbk juga selalu dikelola sendiri.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perhotelan

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top