Pelanggan Telkomsel di Lombok Gratis Telepon dan SMS

Paket ini berguna bagi para korban, relawan dan tim penolong agar bisa tetap terhubung dan memberi kabar.
Duwi Setiya Ariyanti | 07 Agustus 2018 21:27 WIB
Sejumlah anak bernyanyi bersama dengan relawan di tempat penampungan pengungsi korban gempa bumi di Pemenang, Lombok Utara, Lombok Utara, NTB, Selasa (7/8/2018). - ANTARA/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menyebarkan paket gratis telepon dan SMS bagi pelanggannya di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang berlaku ke seluruh operator selama 7 hari. 

Dalam keterangan resminya, Selasa (7/8/2018), Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan mengatakan, dalam keadaan darurat, layanan komunikasi sangat diperlukan pelanggan. Menurutnya, paket ini berguna bagi para korban, relawan dan tim penolong agar bisa tetap terhubung dan memberi kabar. 

Adapun, paket gratis telepon bisa diaktifkan melalui *888*20# atau SMS dengan mengetik LOMBOK ke 8999. Setelah itu, barulah pelanggan bisa menggunakan paket telepon suara 50 menit dan 200 SMS ke seluruh operator sampai tujuh hari ke depan. 

“Kami menyadari bahwa layanan komunikasi sangat penting saat kondisi bencana seperti ini, khususnya untuk mengabarkan keluarga, koordinasi antar relawan, tim penolong, maupun update kondisi terkini wilayah bencana," ujarnya. 

Pihaknya mengakui akibat gempa berkekuatan 7 skala Richter yang melanda Lombok Utara pada Minggu (5/8) itu, beberapa base transceiver station (BTS) terganggu akibat putusnya aliran listrik. 

Kendati demikian, pihaknya segera membawa genset untuk memasok listrik sehingga BTS bisa kembali beroperasi. Selain itu, unit-unit BTS bergerak juga ditempatkan untuk memulihkan layanan komunikasi di wilayah terdampak gempa. 

"Sesaat terjadinya gempa layanan komunikasi sempat terganggu karena kehilangan pasokan listrik. Dalam waktu kurang dari 24 jam, tim kami bergerak cepat untuk memulihkan jaringan dengan memobilisasi genset untuk catu daya serta memasang mobile BTS.”

Di samping itu, pihaknya pun menyediakan fasilitas bagi pelanggan yang  ingin berdonasi kepada para koban gempa melalui aplikasi Tcash juga *800*01#. Fasilitas tersebut hasil kerja sama Telkomsel dengan Yayasan Rumah Zakat Indonesia. 

Tag : seluler
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top