Terimbas Gempa Lombok, Telkom Buka Rute Kabel Optik Alternatif

Duwi Setiya Ariyanti
Selasa, 7 Agustus 2018 | 07:14 WIB
Gulungan kabel di sebuah pabrik kabel. / Bisnis -swi
Gulungan kabel di sebuah pabrik kabel. / Bisnis -swi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. mengaktifkan jaringan kabel optik Ende—Maumere dan Bima—Maumere—Makassar karena Sistem Komunikasi Serat Optik (SKSO) link Mataram—Sumbawa terdampak gempa.

Dalam keterangan resminya, Senin (6/8/2018), Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo mengatakan SKSO Mataram—Sumbawa terdampak gempa Lombok sehingga mengakibatkan penurunan kualitas layanan seluler dan internet kecepatan tinggi. Adapun, hingga saat ini pihaknya masih melakukan perbaikan infrastruktur.

"Gempa bumi berdampak pada gangguan sistem serat optik pada link Mataram—Sumbawa—Bima. Akibatnya, terjadi penurunan kualitas layanan, khususnya layanan Telkomsel dan high speed internet," ujarnya.

Sambil melakukan perbaikan, pihaknya pun mengaktifkan rute alternatif yakni Ende—Maumere dan Bima—Maumere—Makassar. Menurutnya, dengan dukungan dua infrastruktur ini, secara bertahap pelayaan telekomunikasi berangsur pulih.

"Kami berupaya melakukan recovery dengan mengaktifkan alternative route Ende—Maumere untuk back up layanan yang terkena dampak gangguan tersebut. Selain itu, Telkom juga mengaktifkan rute baru Bima—Maumere—Makassar dengan tambahan kapasitas 3 x 10 Gbps. Saat ini, layanan telekomunikasi TelkomGroup berangsur-angsur pulih”, katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper