Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018

Di Jakarta dan Palembang tidak ada hotel yang mampu menampung ribuan atlet, official serta media dari puluhan negara yang berpartisipasi dalam Asian Games 2018 nanti.
Anitana Widya Puspa | 04 Agustus 2018 19:50 WIB
Suasana di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (26/2/2018). - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA - Di Jakarta dan Palembang tidak ada hotel yang mampu menampung ribuan atlet, official, serta media dari puluhan negara yang berpartisipasi dalam Asian Games 2018. Dengan pembangunan wisma atlet tersebut, menunjukkan Indonesia siap sebagai tuan rumah Asian Games.

Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi mengatakan pembangunan athlete village untuk memenuhi ketentuan International Olympic Committee (IOC), yang menyatakan tuan rumah Asian Games harus menyediakan tempat tinggal yang mampu menampung hingga sekitar 14.000 atlet lebih.

"Athlete village ini menunjukkan bahwa Indonesia siap 100 persen sebagai tuan rumah," kata Khalawi, Sabtu (4/8/2018).

Penyediaan wisma atlet dilakukan di dua kota yakni Kawasan Kemayoran, Jakarta dan di Jakabaring Sport City di Palembang Sumatra Selatan. Dalam waktu sekitar dua tahun dibangun 15 tower rumah susun yang lebih dikenal sebagai athlete village.

Athlete village terdiri dari 10 tower rusun di Kawasan Kemayoran, Jakarta dan lima tower rusun di Jakabaring Sport City Palembang. Semuanya sudah selesai dibangun 100%.

Kementerian PUPR saat ini sudah menyelesaikan pembangunan 10 tower athlete village yang terdiri dari tiga tower rumah susun tingkat tinggi di Blok C-2 dengan jumlah total hunian sebanyak 1.932 unit dan tujuh tower di Blok D-10 dengan jumlah total hunian 5.494 unit di kawasan Kemayoran.

Ketinggian bangunan vertikal yang dibangun bervariasi mulai dari 18 lantai, 24 lantai dan 32 lantai. Rusun yang dibangun ini merupakan tipe 36 dengan fasilitas dua kamar tidur, ruang tamu, dapur, kamar mandi dan tempat cuci jemur.

Diperkirakan dalam satu unit rusun akan dihuni 3 orang, sehingga wisma atlet ini diperkirakan dapat menampung sebanyak 22.278 orang atlet.

Tag : Asian Games 2018
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top