17 Startup Batch 3 Akselerator Startup GK-PnP

Tujuh belas startup tersebut menawarkan inovasi teknologi pada berbagai bidang mulai dari teknologi finansial, pertanian, mobility, sampai energi.
N. Nuriman Jayabuana
N. Nuriman Jayabuana - Bisnis.com 01 Agustus 2018  |  20:54 WIB
17 Startup Batch 3 Akselerator Startup GK-PnP
Peserta batch ke-3 program akselerasi startup GK-PnP - N. Nuriman Jayabuana

Bisnis.com, JAKARTA — Akselerator startup GK – Plug and Play memperkenalkan 17 startup teknologi yang tergabung dalam program akselerasi batch ketiganya dalam showcase bertajuk “The Uncovered Innovation”.

Tujuh belas startup tersebut menawarkan inovasi teknologi pada berbagai bidang mulai dari teknologi finansial, pertanian, mobility, sampai energi.

Managing Director Plug and Play Indonesia Wesley Harjono menyatakan sejumlah startup tersebut melalui proses seleksi yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir.

“Inovasi yang kami cari bukan sekadar terlihat menarik, tapi bagaimana benar-benar bisa bermanfaat untuk masyarakat Indonesia," ujarnya melalui keterangan resmi, Rabu (1/8).

Menurutnya, beragam inovasi yang disediakan belasan startup tersebut dapat mengubah industri di masa depan. Beragam teknologi yang digunakan mencakup adopsi drone untuk pengiriman vaksin dan darah ke area terpinggir, sampai teknologi aerial spectral imagery yang dapat menyediakan informasi akurat untuk sektor pertanian. 

GK-Plug and Play menilai kualitas dan tingkat kematangan startup teknologi di Indonesia terus meningkat dalam 2 tahun terakhir. Hal tersebut tergambar dari terus meningkatnya partisipasi startup di dalam tiap batch program akselerator GK-Plug and Play.

Wesley menyatakan beberapa tahun silam begitu banyak terlahir startup teknologi yang mengembangkan layanan berbasis penggunaan software. Namun, dalam 2 tahun terakhir mulai banyak terlahir startup teknologi yang mulai merancang produk untuk sektor pertanian, internet of things, mobility, dan sustainability.

“Hal itu mengingat akan keberadaan negara Indonesia sebagai negara agraris sehingga banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu perkembangan di bidang pertanian. Di sisi lain, Indonesia juga negara maritim di mana akses masih menjadi salah satu tantangannya. Kami berharap startup-startup ini dapat mengisi kekosongan-kekosongan yang saat ini masih terjadi,” ujar Wesley.

Berikut adalah 17 startup tersebut:

 

Asura

Asura merupakan platform yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya. Setelah pengguna memasukkan data, Asura kemudian melakukan analisa terhadap profil tersebut untuk memberikan rekomendasi produk asuransi yang tepat. Saat ini, Asura telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan Asuransi ternama di dunia.

AeroEnvoy

AeroEnvoy mengirimkan berbagai suplai medis seperti darah dan vaksin melalui drone ke rumah sakit dan klinik di daerah pedesaan untuk memotong waktu pengiriman.

Tekno/Teknojek

TEKNO/TEKNOJEK adalah aplikasi mobile yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam pembelian atau pembayaran kebutuhan bulanan seperti pulsa seluler, listrik, cicilan, dan pembelian voucer gim.

Bildeco

Bildeco merupaka e-commerce bahan bangunan pertama di Indonesia yang menghubungkan pembeli dengan seluruh lini distribusi dari produsen bahan bangunan secara mudah, murah dan efisien. Bildeco juga melayani berapa pun besarnya kebutuhan pengguna dengan harga yang kompetitif dan memastikan keaslian produk yang dibeli.

Bahasa.Ai

Bahasa.ai merupakan chatbot berbahasa Indonesia yang memanfaat teknologi kecerdasan buatan (AI).

Halofina

Halofina adalah asisten keuangan pribadi virtual yang dapat membantu penggunanya dalam mengelola keuangan dan investasi untuk mencapai tujuan keuangan penggunanya. Di balik teknologi asisten virtual adalah pakar di dunia keuangan yang menentukan bagaimana strategi dan logika Halofina berjalan.

Gradana

Gradana.co.id memiliki visi untuk membantu masyarakat dalam memperoleh rumah hunian dengan skema pembayaran yang ringan. Gradana.co.id merupakan portal yang mempertemukan pembeli dan pendana untuk kebutuhan cicilan uang muka (DP) rumah.

Merapi Tani

Merapi Tani menggunakan smart soil sensor technology, intelligence valve, dan analisis pertanian untuk membantu perusahaan yang bergerak di bidang pertanian  membuat keputusan yang lebih baik dalam mengoptimalkan perkebunan mereka.

Resync Technology

RESync adalah Platform Manajemen di bidang Energi yang menggunakan cloud computing, pengontrol real-time, dan analisis prediktif untuk memastikan reabilitas dan efisiensi untuk grid dan smart microgrid.

BLH Aqua

BLHAqua mengkhususkan diri dalam pengembangan teknologi efisiensi air. Produk pertama BLHAqua bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian secara keseluruhan. Namun, teknologi tersebut akan dapat diterapkan pada industri lain dalam waktu dekat.

Yousolar

Yousolar menciptakan menciptakan produk revolusioner berupa sistem baterai solar + PowerBlock TM yang merupakan catu daya utama ke rumah ataupun bisnis tanpa utility approval – atau bahkan utility connection.

Datarobot

DataRobot memungkinkan para Business Analyst yang tidak memiliki pengetahuan tentang machine learning atau programming sekalipun untuk membangun analisis prediktif terhadap bisnisnya.

Ceres Imaging

Ceres Imaging adalah startup yang membantu petani mengoptimalkan aplikasi air dan pupuk mereka dengan aerial spectral imagery. Adapun gambar multispectral dengan resolusi tersebut diambil dengan pesawat terbang-rendah dan diproses menggunakan pemrosesan gambar canggih dan teknk permodelan tanaman.

Calty Farm

Kost-Kostan Ternak (Calty Farm) adalah aplikasi beternak online yang memudahkan penggunanya untuk beternak secara online melalui aplikasi mobile tanpa harus memiliki lahan, keterampilan, dan waktu untuk merawat hewan ternak berupa sapi perah kemudian hasil dari pemerahan akan ditampung oleh industri pengolahan susu.

Pijar Psikologi

Pijar Psikologi hadir sebagai sarana edukasi mengenai isu-isu kesehatan mental dan psikologi yang mudah diakses.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
StartUp

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top