Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Pelayanan, IPC Terapkan Enam Fitur Digital

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Indonesia Port Corporation (IPC) terus memperbarui strategi dan meningkatkan sistem pengelolaan interaksi pelanggan guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Pelabuhan Tanjung Priok/Reuters
Pelabuhan Tanjung Priok/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Indonesia Port Corporation (IPC) terus memperbarui strategi dan meningkatkan sistem pengelolaan interaksi pelanggan guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Hal itu dilakukan dengan mengaktivasi enam fitur aplikasi digital Customer Relationship Management (CRM) di seluruh kantor cabang dan dua anak perusahaan IPC yaitu PT Pelabuhan Tanjung Priok dan PT IPC Terminal Peti Kemas.

“Hari ini keenam fitur aplikasi digital CRM yang merupakan bagian dari strategi dan proses pengelolaan interaksi dengan pelanggan ini diaktivasi (go live),” ujar Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha IPC Saptono R. Irianto dalam keterangan resmi pada Selasa (31/7/2018).

Keenam fitur tersebut antara lain ialah Master Customer Data, Costumer Profiling, Customer Service, Customer Visit Management, Customer Survey, dan Sales. Dia menuturkan, sistem pengelolaan interaksi pelanggan IPC terus ditingkatkan demi memenuhi harapan pelanggan.

IPC, tambahnya, memiliki nilai Customer Centric yang harus dibuktikan secara nyata dalam peningkatan pengelolaan pelanggan di wilayah kerja IPC.

“Pembaruan dan peningkatan CRM kini memasuki fase ketiga, seluruh kantor cabang dan dua anak perusahaan IPC menerapkan keenam fitur aplikasi digital. Pada fase pertama dan kedua, keenam fitur aplikasi digital itu digunakan sebatas di Pelabuhan Tanjung Priok,” jelasnya.

Dia menjelaskan dengan adanya aplikasi digital tersebut, pelanggan atau calon pelanggan punya akses khusus untuk menyampaikan pertanyaan, permintaan, atau keluhan melalui email, yang akan direspons secara otomatis (auto reply).

Sesuai dengan standar ketentuan Service Level Agreement (SLA), saran atau keluhan tersebut kemudian akan direspons oleh IPC dalam waktu paling lambat 1 jam.

“CRM memberikan manfaat besar bagi pelanggan, salah satunya, IPC memilki tools untuk memonitor dan menganalisis semua kebutuhan dan keinginan pelanggan,” paparnya.

Dengan fitur customer service misalnya, dia mengungkapkan manajemen bisa mendapatkan gambaran tentang interaksi pelangggan di semua cabang, serta memantau penyelesaian persoalannya secara real time.

Penerapan CRM ini juga merupakan langkah nyata atas komitmen IPC untuk terus meningkatkan kapabilitas sebagai digital port.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper